Apa Itu Bidikmisi dan KIP Kuliah? Ikut Sosialisasi untuk Mengetahuinya!

MALANG, Formadiksi UM News – Informasi dan pengetahuan terkait kebidikmisian diperlukan oleh calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa penerima Bidikmisi. Hal tersebut membutuhkan upaya dari sekolah untuk melakukan penyampaian informasi terkait kebidikmisian kepada para siswanya. Upaya tersebut dapat direalisasikan oleh sekolah-sekolah, salah satunya seperti yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Pujon yang mengundang organisasi kebidikmisian di Malang yaitu Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM). Tepatnya pada Jumat (6/3/2020) yang lalu, Formadiksi UM melakukan sosialisasi terkait Bidikmisi dan KIP Kuliah dengan target peserta merupakan siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Pujon.

Sebanyak 54 siswa dari enam program studi berbeda memenuhi Aula SMK Negeri 1 Pujon. Sosialisasi yang dilakukan oleh Pengurus Formadiksi UM disambut antusias oleh para siswa. Hal tersebut didukung oleh keaktifan para siswa pada sesi tanya-jawab berlangsung. Sosialisasi yang diberikan berupa tampilan slide Power Point yang informatif. Materi yang diberikan tentu tidak lepas dari kebidikmisian dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Para siswa juga diberikan pemahaman terkait perbedaan mendasar antara Bidikmisi dan KIP Kuliah yang tentunya dapat menjawab pertanyaan para siswa perihal latar belakang perubahan nama dari Bidikmisi ke KIP Kuliah.

“Awalnya saya hanya mendengar Bidikmisi dari pengalaman tetangga saya, setelah mendapatkan penjelasan seputar Bidikmisi dari kakak-kakak Formadiksi UM, sekarang saya lebih mengerti dan memahami terkait kebidikmisian,” komentar Fitria Tassha Nasikin Putri, siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Pujon.

Pelaksanaan sosialisasi yang berlangsung selama kurang lebih satu jam tersebut juga memuat persyaratan mahasiswa penerima Bidikmisi, timeline pendaftaran Bidikmisi lewat jalur SNMPTN, tahapan-tahapannya sampai kuota mahasiswa penerima Bidikmisi. Dengan diadakannya pelaksanaan sosialisasi tersebut, para siswa tidak hanya memperoleh manfaat berupa pengetahuan dan informasi seputar kebidikmisian dan KIP Kuliah melainkan juga rasa percaya diri untuk tetap menuntut ilmu sampai ke jenjang perkuliahan walaupun memiliki keterbatasan ekonomi.

Rupanya hal tersebut juga disadari oleh Fitria, “Saya rasa kegiatan ini sangat bermanfaat, khususnya bagi teman-teman yang masih merasa minder terkait keadaan orang tua yang tidak mampu untuk membiayai kuliah dikarenakan keterbatasan ekonomi. Bidikmisi dan KIP Kuliah menjadi solusi yang tepat untuk menjawab persoalan tersebut.”

Dalam rangkaian acara sosialisasi, pengenalan akan Universitas Negeri Malang (UM) sebagai The Learning University juga dilakukan untuk para siswa SMK Negeri 1 Pujon. Hal tersebut didukung dengan ditampilkannya video profil Universitas Negeri Malang, pembagian Majalah Komunikasi UM, dan pembagian brosur penerimaan mahasiswa baru di UM yang memuat berbagai informasi seputar persyaratan calon mahasiswa baru. Hal ini mendapat respon positif dari para siswa. Beberapa dari mereka pun mengutarakan harapannya agar bisa menimba ilmu di UM.

Salah satunya adalah Aushia Viandika Thanzhia, siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Pujon.

“Waktu itu kakak saya juga (kuliah) di UM. Alhamdulillah, dia diterima sebagai mahasiswa penerima Bidikmisi UM. Selama jenjang perkuliahan, orang tua saya merasa sangat bersyukur karena biaya perkuliahan kakak saya sudah ditanggung oleh dana Bidikmisi. Bahkan, kakak saya mendapatkan uang saku tiap semester.” Kenangnya seraya bertutur, “Setelah lulus SMK, saya juga ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas Negeri Malang,” tutup Aushia.

 

Reporter          : Syani Yemima Syahrul

Editor              : Syani Yemima Syahrul

4 thoughts on “Apa Itu Bidikmisi dan KIP Kuliah? Ikut Sosialisasi untuk Mengetahuinya!”

  1. Assalamualaikum
    Selamat pagi. Saya miftakhul huda yang insyaallah akan mendaftar sebagai mahasiswa baru di universitas negeri Malang. Sehubungan dengan perubahan beasiswa bidikmisi menjadi kip kuliah, saya ingin menanyakan tentang bagaimana alur dan syarat untuk mengajukanya. Untuk di link kemendikbud sendiri saya sudalich mendaftar. Dan insyaallah saya memilih jalur seleksi mandiri ptn dan insyaallah universitas negeri Malang yang saya pilih. Untuk selanjutnya bagaimana alur pendaftaran yang bisa saya lakukan?
    Mohon maaf sebelumnya terimakasih dan selamat pagi.
    Wassalamualaikum.

    1. Mohon maaf sebelumnya kak. Kemarin kita dari pihak Formadiksi UM menanyakan tentang KIP Kuliah Jalur Mandiri ke Pak Kholis (Kesma UM) dan jawabannya ternyata dari pihak UM sendiri tidak bisa menerima KIP Kuliah Jalur Mandiri. Mohon maaf ya kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *