B-Sic: Tingkatkan Produktivitas, Raih Prestasi di Masa Pandemi!

Formadiksi UM News – Bidikmisi Skills Competition (B-Sic) merupakan salah satu program kerja yang dinaungi oleh Divisi Minat dan Bakat (Minbak). Program kerja ini menjadi ajang kompetisi dalam bidang nonakademik yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM). Pada tahun ini, B-Sic memiliki beberapa kategori lomba yaitu Lomba Fotografi Tingkat Nasional, Lomba Desain Poster Tingkat Nasional, dan Lomba Formadiksi Idol (Voice and Acoustic) Tingkat Jawa Timur. Dengan sasaran kegiatan yaitu mahasiswa penerima Bidikmisi angkatan 2017–2019.

“Lewat B-Sic, mahasiswa penerima Bidikmisi dapat menyalurkan minat dan bakat meskipun dalam jaringan (daring). Selain itu, mahasiswa penerima Bidikmisi juga dapat memanfaatkan waktu luang selama stay at home untuk berkarya, mengasah soft skill, berpikir kreatif dalam menuangkan ide dan gagasan, serta sebagai ajang untuk unjuk diri,” tutur Anggi Icha Larasati selaku Ketua Pelaksana B-Sic 2020 saat diwawancarai oleh Reporter Formadiksi UM News, Minggu (9/8/2020) lalu.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dengan adanya pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ini, kegiatan B-Sic dilakukan secara daring guna membantu mencegah penyebaran Covid-19. Sebenarnya cukup sulit karena banyaknya keterbatasan yang muncul, namun hal ini tidak menyurutkan semangat segenap panitia untuk terus membantu menyalurkan minat dan bakat mahasiswa penerima Bidikmisi.

“Harapan saya dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa penerima Bidikmisi mampu untuk terus berkarya serta mengembangkan minat dan bakat mereka meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19 sembari menebarkan harapan baru untuk khalayak umum,” tambah Icha.

Meskipun kegiatan B-Sic tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan secara full online, hal tersebut bukanlah alasan untuk tidak menuai prestasi dan mengasah kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa penerima Bidikmisi UM maupun mahasiswa penerima Bidikmisi di perguruan tinggi lainnya.

Pada Minggu (9/8/2020) lalu, Reporter Formadiksi UM News juga berkesempatan untuk menanyakan harapan dari Ketua Formadiksi UM terkait kompetisi ini.

“Harapannya bagi mahasiswa penerima Bidikmisi dari berbagai perguruan tinggi manapun, dapat bersaing dan menunjukkan kemampuan dirinya di bidang seni dan desain selama pandemi ini, sehingga ada pengasahan kreativitas ataupun kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa penerima Bidikmisi se-Indonesia,” tutur Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas selaku Ketua Formadiksi UM.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter                      : Erlina Febrianti

Editor                          : Syani Yemima S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *