Borong Prestasi pada Ajang MTQ Virtual FIP 2020

Borong Prestasi pada Ajang MTQ Virtual FIP 2020

Formadiksi UM News–Mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) berhasil borong juara pada ajang MTQ Virtual FIP 2020 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM. Adapun pengumuman juara telah dilaksanakan pada Selasa (3/11/2020) lalu.

Pada Kamis (12/11/2020) Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai dua narasumber, yakni Aftihah Maulidia peraih Juara 1 dan Bella Dwi Nurismasari Juara 3 Lomba MTQ Virtual FIP 2020 cabang Musabaqah Tilawatil Quran. Mari simak liputan berikut!

“Lomba MTQ ini dilaksanakan secara virtual melalui video conference. Pendaftaran dibuka pada tanggal 24 September10 Oktober 2020  dan pengumpulan karya dimulai pada tanggal 5 Oktober20 Oktober 2020, pengumuman finalis diumumkan pada tanggal 2 November 2020 sedangkan babak final dan pengumuman kejuaraan diumumkan pada tanggal 3 November 2020. Sebelum pelaksanaan lomba, ada technical meeting yang diselenggarakan oleh panitia. Nah, saya langsung membuat video Musabaqah Tilawatil Quran dan saya upload di Instagram pribadi saya dan juga saya kumpulkan ke kakak panitia.  Pada saat pengumuman finalis saya kaget ternyata saya lolos ke babak final. Maka dari itu saya ya langsung belajar dan berlatih lagi agar memperoleh hasil yang maksimal, dan ternyata usaha tidak mengkhianati hasil, saya mendapatkan juara 3 lomba MTQ virtual FIP UM,” jelas Bella Dwi Nurismasari.

Di balik kesuksesan dalam menyabet juara, para narasumber mengaku menemui kendala selama proses lomba, namun hal itu bisa diatasi.

“Ada rasa grogi, takut, dan tidak percaya diri hingga sempat hampir tidak optimal dalam melantunkan ayat suci Al-Qur’an, dan cara mengatasinya dengan meyakinkan dan menyemangati diri sendiri bahwa saya pasti bisa,” ungkap Aftihah Maulidia.

Bella Dwi juga menemui kendala saat proses meraih juara.

“Kendala yang saya hadapi, yakni pada saat mau lomba saya terkena flu, nah dampaknya suara saya menjadi agak serak-serak. Lalu cara mengatasinya saya disarankan oleh ibu saya untuk memakan kencur, manfaat kencur yang saya makan yakni meminimalisir serak- serak pada suara saya,” ujar Bella yang juga merupakan mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah UM, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah (KSDP) angkatan 2020.

Selain itu, Aftihah Maulidia dan Bella Dwi juga membagikan tips agar berhasil dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran.

“Sering berlatih dan lawan rasa grogi saat ingin tampil karena grogi hanya dapat membuat kita lemah,” ujar Aftihah Maulidia, mahasiswa penerima Bidikmisi UM Jurusan KSDP angkatan 2019.

“Saya selalu rutin berolahraga serta menjaga pola makan (hindari makan makanan yang berlemak), berlatih dan terus berlatih agar hasil yang kita inginkan maksimal, tak lupa  teman-teman semua berdoa kepada Allah dan memohon doa restu kepada kedua orang tua. Saran saya teman-teman harus update mengenai informasi lomba-lomba, agar bakat dan minat teman-teman semua dapat tersalurkan. Walaupun semua lomba dilaksanakan secara virtual, tidak menyurutkan semangat saya dalam mengikuti kegiatan tersebut. Jangan insecure, tetaplah usaha, dan semangat. Yakinlah bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. Tetap jaga kesehatan semuanya!” imbuh Bella Dwi.

Di akhir wawancara, kedua narasumber juga menyampaikan pesan kepada teman-teman sesama penerima KIP Kuliah maupun Bidikmisi UM.

“Walaupun saya maba, dan kebanyakan yang mengikuti lomba itu kakak tingkat, saya tetap semangat dalam mengikuti lomba tersebut. Saya termotivasi dari perkataan ibu saya ‘Kuliah bukan hanya mencari ilmu saja, tapi galilah pengalaman sedalam mungkin. Hidup di dunia hanya sementara, perbanyak amalan ibadah salah satunya melafalkan Al-Qur’an dengan suara yang indah’, pesan saya untuk teman-teman semua (khususnya maba) carilah info sebanyak mungkin yang bermanfaat seperti lomba-lomba ataupun webinar. Agar bakat dan minat kalian teraktualisasikan dengan baik. Jangan insecure sama peserta (kakak tingkat utamanya, hehe) berlatih dan terus berusaha menjadi yang terbaik. Yakinlah bahwa usaha yang kita lakukan tidak akan mengkhianati hasil. Asalkan dilakukan secara maksimal dan ikhlas,” ungkap Bella.

Tak lupa, Aftihah Maulidia juga menyampaikan pesannya saat diwawancarai oleh Reporter Formadiksi UM News.

“Teruslah berkarya dengan apapun minat bakat yang kalian punya. Menang kalah itu biasa, yang terpenting adalah kita sudah memberikan usaha yang terbaik. Jangan lupa berdoa dan tetap semangat!” pesan Aftihah.

Rupanya, tak hanya Aftihah Maulidia, mahasiswa penerima KIP Kuliah maupun Bidikmisi UM yang berhasil mendapatkan juara dalam ajang MTQ Virtual FIP 2020 ini. Berdasarkan informasi dari pengumuman juara yang diberikan kepada Reporter Formadiksi UM News. Berikut nama-nama yang juga berhasil menyabet juara:

  • Riko Rahmad Ardiansyah, mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Administrasi Pendidikan: Juara 2 Cabang Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an.
  • Muhammad Yafi’i, mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 PGSD: Juara 3 Cabang Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an.
  • Muhammad Zidni Ridlo, mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Teknologi Pendidikan: Juara 2 Cabang Musabaqah Tilawatil Quran.
  • Roza Ghozwatul Fauziah, mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan Luar Sekolah: Juara 2 Cabang Musabaqah Syahril Quran.
  • Salsabilatuz Zakiyah, mahasiswa penerima KIP Kuliah UM, S1 Bimbingan dan Konseling: Juara 1 Cabang Musabaqah Tartilil Quran.
  • Ellora Fauziyyah Hanif, mahasiswa penerima KIP Kuliah UM, S1 Pendidikan Luar Biasa: Juara 2 Cabang Musabaqah Tartilil Quran.
  • Anwar Luthfi, mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Bimbingan dan Konseling: Juara 3 Cabang Musabaqah Tartilil Quran.
  • Nahdatul Rohbaniyah, mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 PGPAUD: Juara 2 Cabang Musabaqah Kaththil Quran.

Demikian hasil liputan dari Reporter Formadiksi UM News, semoga dapat menginspirasi dan menambah semangat bagi para pembaca.

Bidikmisi Berprestasi Tiada Henti!

Reporter           : Chantika Putri Ana

Editor               : Chantika Putri Ana

 

 

 

3 thoughts on “Borong Prestasi pada Ajang MTQ Virtual FIP 2020”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *