Buletin PRASASTI: Tingkatkan Minat Baca, Hadirkan Kuis Berhadiah

Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) bukan hanya sekadar organisasi yang membantu dalam penyaluran informasi terkait kebidikmisian dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, tetapi juga berperan sebagai wadah dalam menyalurkan karya-karya serta informasi prestasi yang diraih oleh mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM. Salah satu bentuk perwujudan peran tersebut yakni dengan menerbitkan Buletin PRASASTI. Adanya Buletin PRASASTI ini diharapkan dapat menjadi wadah berkarya sekaligus sarana informasi, serta mampu menumbuhkan minat baca para mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM.

Pada Jumat (4/6/2021), Reporter Formadiksi UM News telah mewawancarai Ketua Pelaksana Buletin PRASASTI Formadiksi UM Tahun 2021, yakni Agnes Tiara Sabila untuk mengulik apa itu Buletin PRASASTI.

“Buletin PRASASTI merupakan salah satu media untuk menyampaikan informasi seputar keformadiksian, kebidikmisian, dan KIP Kuliah kepada mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM. Sebenarnya, buletin biasanya disajikan dalam bentuk media cetak, tetapi karena dengan kondisi pandemi saat ini yang mengharuskan aktivitas perkuliahan secara online, maka kita juga harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan dan kondisi tersebut. Jadi, dibuatlah Buletin PRASASTI ini yang diterbitkan secara digital juga,” ungkap Agnes.

Tak sekadar terbit, tahun ini Buletin PRASASTI juga hadir kembali dengan mengusung tema yang menarik guna memperjelas tujuan yang akan dicapai oleh Buletin PRASASTI itu sendiri. Tema pada Buletin PRASASTI kali ini adalah tata surya dengan tiga elemennya yaitu matahari, planet, dan bulan di mana setiap elemen memiliki ciri khas masing-masing yang dilambangkan sebagai elemen pembangun dari Formadiksi UM.

Dalam sesi wawancara, Agnes juga menyampaikan beberapa pembaruan terkait Buletin PRASASTI tahun ini.

“Pembaruan di Buletin PRASASTI tahun ini adalah adanya konten Pojok Cerita. Jadi, Pojok Cerita di sini berisikan podcast yang tema pembicaraannya disesuaikan dengan tema dari buletin itu sendiri, tetapi substansi podcast tersebut kita orientasikan juga untuk mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah secara umum. Ada juga Bilik Karya yang semula berisikan hanya satu karya, sekarang berisi dua karya mahasiswa penerima Bidikmisi atau KIP Kuliah UM,” ungkap Agnes.

Selain menyajikan konten dan pembaruan yang dikemas tidak kalah menarik dengan edisi sebelumnya, Buletin PRASASTI Edisi ke-13 juga menghadirkan kuis berhadiah seputar Buletin PRASASTI dengan pembaruan, yakni Tebak Makna yang berisi sebuah gambar dengan dua atau lebih komponen, di mana komponen tersebut melambangkan tema tiap edisinya. Kuis seputar Buletin PRASASTI ini dapat diikuti oleh mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah di UM.

Pada Senin (13/7/2021), Reporter Formadiksi UM News juga berkesempatan untuk mewawancarai pemenang dari kuis berhadiah Buletin PRASASTI Formadiksi UM Edisi ke-13, Nabila Laila Nur, mahasiswa penerima KIP Kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2020.

“Adanya kuis Buletin PRASASTI ini sangat menarik bagi saya apalagi berhadiah sehingga membuat saya lebih tertarik lagi untuk membaca buletin ini. Kuis ini juga memberikan kesan tersendiri, di mana saat mengerjakan kuis di bagian Tebak Makna, saya dilatih untuk benar-benar memahami makna dari gambar, kemudian berpikir merangkai kata-kata agar sesuai dengan gambar tersebut, itu menjadi suatu hal yang seru bagi saya,” tutur Nabila.

Tak hanya memberikan kesan seru, adanya kuis seputar Buletin PRASASTI ini juga dapat menambah minat baca dan motivasi berprestasi bagi para mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM, seperti yang dirasakan langsung oleh Nabila.

“Manfaat yang saya peroleh dari kuis Buletin PRASASTI yakni dapat meningkatkan minat baca saya dan juga memberikan informasi terbaru terkait prestasi mahasiswa penerima Bidikmisi maupun KIP Kuliah yang dapat memotivasi saya agar terus berprestasi ke depannya,” ungkap Nabila di akhir wawancara.

Bagaimana teman-teman? Banyak hal-hal menarik bukan dalam Buletin Prasasti Edisi ke-13 ini? Semoga dengan adanya Buletin PRASASTI Formadiksi UM edisi kali ini dapat memberi kebermanfaatan bagi semua pihak untuk ke depannya. Jangan lupa nantikan Buletin PRASASTI Formadiksi UM edisi selanjutnya ya!

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda, Semangat Berprestasi!

Reporter          : Amayla Yuan Anggara

Editor              : Lisa Julkarnain Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *