Butuh Ide Buat Bikin Puisi dan Cerpen? Simak Ulasan Berikut!

Formadiksi UM News – Waktu liburan seperti sekarang adalah waktu yang tepat buat kita untuk mempersiapkan masa perkuliahan berikutnya, guys. Selain mempersiapkan materi, perlengkapan kuliah, transportasi, keuangan, hingga persiapan mental, kita juga bisa banget buat ikut kompetisi atau lomba sesuai minat kita. Bagi teman-teman bisa banget ikutan lomba di bidang kepenulisan terkhusus puisi dan cerpen, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) sudah menyediakan wadahnya, lho!

LOMBA CIPTA PUISI DAN CERPEN MAHASISWA BIDIKMISI UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2019

Nah, ini dia wadahnya. Tepat di 10 Juni lalu, Formadiksi UM membuka pendaftaran lomba cipta puisi dan cerpen. Lomba ini diperuntukkan khusus mahasiswa aktif penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang. Bagi teman-teman yang ingin pemanasan menuju lomba yang bersaing dengan perguruan tinggi lain, lomba ini pas banget teman-teman ikuti. Bagi teman-teman yang sudah pro alias sudah ahli di bidang ini, juga boleh banget mengikuti. Kalaupun teman-teman sekadar ingin mengisi kekosongan waktu libur, juga sangat recommended banget buat diikuti. Formadiksi UM sudah menyiapkan penghargaan bagi peraih juara 1, 2, dan 3, lho!

TEMA LOMBA BISA DIARAHKAN KE BERBAGAI TOPIK

Kali ini, Formadiksi UM mengangkat tema “Wujud Cinta dan Cita Mahasiswa Bidikmisi dalam Menggapai Mimpi”. Tema ini dapat dibawa ke berbagai topik cerita dan alur. Teman-teman bisa mengarahkannya ke beberapa subcerita.

Pertama, ide dari kisah nyata teman-teman dalam berjuang memperoleh Bidikmisi di Universitas Negeri Malang. Dapat pula teman-teman bubuhkan romantika cinta teman-teman pada orang tua demi membantu meringankan beban atau lain sebagainya.

Kedua, teman-teman bisa melihat kisah mahasiswa lain, baik yang masih menempuh pendidikan maupun yang sudah lulus. Apabila teman-teman tahu kisah romantika Mahasiswa Bidikmisi yang berhasil menemukan cintanya bersamaan dengan perjuangannya dalam meraih berbagai prestasi, juga bisa menjadi inspirasi cipta puisi maupun cerpen.

Ketiga, bagi teman-teman yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, cinta pada negara juga bisa dijadikan topik sebagai tujuan tokoh untuk membalas jasa atas biaya pendidikan yang diberikan. Pergolakan politik dengan bahasa yang luwes dan dibubuhkan dramatisme penyampaian suara masyarakat kecil pada pemerintah juga dapat dijadikan pelengkapnya.

Keempat, adanya Formadiksi UM pun juga dapat dijadikan topik dalam lomba. Mengingat pembentukan Formadiksi UM yang tidak semudah membalikkan telapak tangan, romantika kekeluargaan alumni pengurus dalam mewujudkan Formadiksi UM juga sangat bisa dijadikan topik dalam kedua lomba ini.

Kelima, imajinasi mahasiswa yang tiada batas, tentu sangat bisa diaplikasikan dan dibahasakan dalam lomba ini. Cakupan yang tak terbatas asalkan masih masuk dalam tema, juga sangat mungkin untuk dikembangkan untuk menghasilkan karya yang dapat dikirimkan sekaligus dikompetisikan dalam lomba ini.

JANGAN RAGU UNTUK MULAI MENGETIKKAN KATA DEMI KATA

Jangan pernah ragu untuk memulai dalam menghasilkan suatu karya. Lomba ini merupakan salah satu program kerja Formadiksi UM yang ditujukan untuk mewadahi minat maupun bakat Mahasiswa Bidikmisi UM. Selama sudah ada fasilitas, maka sayang sekali jika tidak dimanfaatkan. Jangan pernah takut untuk menggoreskan pemikiran-pemikiran dari teman-teman. Mahasiswa telah ditakdirkan menjadi pemikir kritis, jadi jangan minder dengan apa yang teman-teman hasilkan. Kesempatan tidak datang dua kali. Bahkan, kesempatan itu tidak datang dengan sendirinya. Kesempatan itu diciptakan. So, manfaatkan kesempatan yang ada, guys!

 

Penulis             : Amanatul Haqqil Ibad

Editor              : Nanda Ayu Luthfi Khofifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *