Formadiksi UM Gelar Sosialisasi Bidikmisi Bersama FKMB Malang Raya

Malang—Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) (17/2) berkesempatan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Bidikmisi Goes to School bersama Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi (FKMB) Malang Raya. Kegiatan yang termasuk dalam program kerja FKMB tingkat Regional ini mendapat perhatian khusus dari Formadiksi UM.

Menurut Riduwan Prasetya selaku Koordinator Divisi Keilmuan dan Pengabdian sekaligus Kooordinator Sie Acara perwakilan Formadiksi UM, acara sosialisasi ini merupakan sebagian kecil dari pengabdian Formadiksi UM kepada masyarakat. Sosialisasi dilaksanakan di tiga sekolah yang ada di Kabupaten Malang: SMA Sunan Kalijaga, SMA NU Pakis, dan MAN Turen.

“Kegiatan BMGTS (Bidikmisi Goes To School) ini merupakan salah satu bagian dari program kerja FKMB Regional Malang Raya yang dilaksanakan bersama dengan organisasi Bidikmisi yang ada di Malang Raya. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga sekolah yaitu SMA Sunan Kalijaga, SMA NU Pakis, dan MAN Turen,” Jelasnya.

Tujuan diadakannya BMGTS ini ialah menggiatkan sosialisasi serta memotivasi siswa SMA/Se-derajat tentang betapa pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi walau dengan keterbatasan ekonomi, melalui bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Pembicara dalam kegiatan BMGTS antara lain perwakilan mahasiswa Bidikmisi dari beberapa kampus yang ada di Malang, yaitu Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Islam Malang (UNISMA), Politeknik Negeri Malang (Polinema), dan STIE Malangkucecwara (ABM).

Dari ketiga sekolah sendiri menilai bahwa kegiatan Bidikmisi Goes to School merupakan kegiatan positif yang perlu diagendakan setiap tahunnya.
“Saya jadi lebih tahu lagi tentang Bidikmisi. Kan awalnya saya enggak tahu tentang Bidikmisi itu apa. Terus, tadi abis dijelaskan semua sama kakak-kakaknya jadi saya mengerti tentang Bidikmisi itu.” tutur Regita Nurindasari, siswa kelas XII Bahasa SMA NU Pakis.

Sama halnya dengan Regita, tanggapan dari bapak Adib Brata selaku guru Matematika MAN Turen menyambut baik sosialisasi Bidikmisi dari FKMB regional Malang. “Kalau saya pikir, sebenarnya acara ini bagus ya, langsung dari mahasiswa penerima Bidikmisi-nya langsung datang ke sini. Kalau bisa diagendakan tiap tahun karena nanti untuk adik kelas pasti butuh.” Bapak Adib pun memberikan saran agar BMGTS selanjutnya bisa menghadirkan tim dosen ataupun surveyor untuk proses visiting.

Dengan berhasilnya kegiatan sosialisasi Bidikmisi Goes to School ini, Yuan selaku Koordinator FKMB Regional Malang bersyukur terhadap respon baik yang ditunjukkan oleh siswa serta bapak/ibu guru di setiap sekolah yang dikunjungi. “Harapan untuk kegiatan BMGTS tahun depan semoga bisa lebih menjarah sekolah-sekolah lainnya”, tandas Yuan mahasiswi STIE Malangkucecwara. (Lucky Meidianti Darmawan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *