LKTIEN 2021 Hadir dengan Konsep Baru, Persiapkan Karya Terbaikmu!

Formadiksi UM News – Tahun ini, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) kembali menghadirkan inovasi dengan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Esai Mahasiswa Penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah Tingkat Nasional (LKTIEN) Tahun 2021 yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ajang ini merupakan salah satu program kerja yang dinaungi oleh Divisi Keilmuan dan Pengabdian (KP). Kegiatan ini sendiri ditujukan bagi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah di seluruh kampus di Indonesia.

Setelah Reporter Formadiksi UM News melakukan wawancara pada Jumat (4/6/2021), Yoga Pratama Putra selaku Ketua Formadiksi UM tahun 2021 menyampaikan beberapa perbedaan dalam penyelengaraan LKTIEN tahun ini.

“Meskipun tahun ini LKTIEN masih dikemas secara daring (dalam jaringan), tapi pada tahun ini diadakan pameran prototype dari masing-masing finalis. Pameran ini akan disajikan dengan tampilan yang berbeda, yaitu dengan menggunakan media pameran virtual sehingga kita dapat menikmati produk yang dihasilkan oleh finalis dengan mudah. Kemudian, akan ada webinar yang akan dikemas berbeda juga. Kedua agenda tersebutlah yang akan membuat LKTIEN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya,” ujar Yoga.

Rangkaian kegiatan LKTIEN Tahun 2021 sendiri dibedakan untuk setiap kategorinya. Kategori esai terdiri dari pengumpulan naskah esai, seleksi naskah, dan pengumuman juara. Sedangkan untuk kategori KTI terdiri dari pengumpulan abstrak, seleksi abstrak, pengumpulan full paper bagi yang lolos, seleksi naskah, final, presentasi, tanya jawab dari dewan juri, dan pameran prototype. Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman juara.

Reporter Formadiksi UM News, juga berkesempatan untuk mewawancarai Ketua Pelaksana LKTIEN Tahun 2021, yakni Erlanda Dora Oktaviana untuk mengulik syarat dan ketentuan mengikuti LKTIEN Tahun 2021 ini. Persyaratan bagi mahasiswa yang ingin mengikuti LKTIEN Tahun 2021 cukup mengumpulkan naskah esai untuk kategori esai atau abstrak untuk kategori KTI dan mengumpulkan bukti keterangan sebagai mahasiswa penerima Bidikmisi atau KIP Kuliah, serta berkas-berkas lainnya yang diperlukan.

“Karena sasaran kegiatan ini merupakan mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah, maka peserta harus menyertakan bukti sebagai mahasiswa penerima Bidikmisi atau KIP Kuliah. Untuk kategori esai bersifat individu, sedangkan untuk kategori KTI bersifat kelompok yang terdiri dari 2–3 orang dengan didampingi satu orang dosen pembimbing,” terang Dora.

Dalam sesi wawancara, Dora juga menyampaikan harapannya untuk keberlangsungan LKTIEN Tahun 2021.

“(Yang) pasti harapannya, semoga kegiatan LKTIEN ini bisa mewadahi dan memfasilitasi mahasiswa penerima Bidikmisi maupun KIP Kuliah di Indonesia untuk menyalurkan sebuah inovasi yang mampu memecahkan atau meminimalisir suatu permasalahan yang saat ini terjadi di Indonesia. Bisa menjadikan mahasiswa khususnya mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah mampu berpikir kritis dan berorientasi ke masa depan. Selain itu, harapannya kegiatan LKTIEN ini bisa menyadarkan kita semua bahwa Indonesia masih memiliki masalah-masalah yang harus kita selesaikan lo, jadi bikin kita aware juga,” pungkas Dora.

Pada Kamis (10/6/2021), juga telah dibuka pendaftaran LKTIEN Tahun 2021 yang diunggah di berbagai media sosial Formadiksi UM. Nah, bagaimana teman-teman? Sudah ada gambaran untuk LKTIEN tahun ini bukan? Tunggu apa lagi? Yuk, segera persiapkan diri dan karya terbaik teman-teman untuk berpartisipasi dari ajang ini!

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda Semangat Berprestasi!!

Reporter          : Armanda Fadila Cahyani

Editor              : Chaula Intan Charir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *