Lokakarya: Awal Langkah Menuju Keberhasilan Program Kerja

Malang—Sabtu (24/3) pukul 08.17 WIB telah dilaksanakan lokakarya 2018 yang bertempat di Ruang AVA, Gedung D9 Teknik Sipil lantai 4  Universitas Negeri Malang. Masih dengan tema yang sama dengan Raker (Rapat Kerja) yang sudah diadakan sebelumnya (17/3), yaitu “Aktualisasi Program Kerja untuk Meningkatkan Kinerja dan Eksistensi Formadiksi UM.”

Empat puluh delapan peserta Mahasiswa Bidikmisi dari berbagai fakultas di UM yang terdiri dari Penanggung Jawab Jurusan serta delegasi setiap fakultas hadir di dalamnya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, lokakarya tahun ini melibatkan Penanggung Jawab Jurusan untuk berikrar sebagai bentuk kesediaan bekerja sama dengan segenap pengurus Formadiksi UM serta ikut berkontribusi dalam menyukseskan program kerja Formadiksi UM.

Lokakarya sebagai media sosialisasi program kerja dari masing-masing divisi sangat bermanfaat bagi para Penanggung Jawab Jurusan serta delegasi fakultas yang hadir. Hal tersebut senada dengan yang dirasakan oleh Rio Handi Prasetya, PJJ Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS), “Lokakarya kali ini sangat bermanfaat sekali bagi PJJ yaitu sebagai media untuk PJJ agar lebih mengerti mengenai program kerja Formadiksi UM serta informasi kebidikmisian.”

Antusiasme peserta dalam mengikuti lokakarya sangat tinggi. Hal tersebut ditunjukkan ketika tiap-tiap divisi dalam kepengurusan Formadiksi UM mensosialisasikan program kerja. Salah satunya adalah Divisi Hubungan Internal Mahasiswa (HIM) yang mempunyai dua program kerja, yaitu PKMB (Pengenalan Kebidikmisian bagi Mahasiswa Baru) serta Meet Up Kampus II dan Meet Up Kampus III. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan, pendapat, bahkan aspirasi. Hal tersebut sesuai dengan prinsip dari Formadiksi UM yang dituturkan oleh Ketua Formadiksi UM, Ade Setyawan, “Apapun yang dikerjakan oleh Formadiksi UM selalu berdasarkan aspirasi dari para mahasiswa Bidikmisi dan dengan berbagai pertimbangan.”

Selain menerima aspirasi dari para mahasiswa Bidikmisi serta berbagai pertimbangan, Formadiksi UM juga menerapkan tata kelola yang baik dalam berorganisasi.

“Kalau dalam birokrasi kita mengenal good governance, dalam dunia industri kita mengenal good corporate governance, dalam pengelolaan perguruan tinggi juga dikenal dengan good university governance. Dalam menjalankan roda kepengurusan Formadiksi UM, saya juga menerapkan good organization governance atau tata kelola organisasi yang baik.”

Dengan adanya lokakarya tahun 2018 ini, diharapkan program kerja yang telah disosialisasikan dapat terlaksana dengan baik, terarah, dan berkelanjutan. Sedangkan untuk pengurus Formadiksi UM maupun PJJ diharap semakin semangat dalam menyukseskan program kerja Formadiksi UM.

 

Penulis: Afifah Chusna Az Zahra (Divisi Hubungan Internal Mahasiswa)

Editor: Lucky M. D. (Divisi Jurnalistik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *