Maba FIK 2018, Peraih Medali Emas Ju-Jitsu UNESA Open XII

Malang – Baru saja Universitas Negeri Malang (UM) dihujani prestasi gemilang pada ajang bergengsi Musabaqoh Tilawatil Quran Regional (MTQR) dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 beberapa pekan lalu. Jika ajang-ajang bergengsi tersebut dijuarai oleh mahasiswa angkatan 2014 hingga 2017, prestasi gemilang berikut ini disumbangkan oleh mahasiswa baru angkatan 2018, Zaenal Abidin.
Zaenal Abidin yang kerap disapa Abidin ini merupakan salah satu mahasiswa baru penerima bantuan biaya pendidikan Bidikmisi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang angkatan 2018. Anak ke-5 dari 6 bersaudara tersebut berhasil menyabet medali emas pada Kejuaraan Ju-Jitsu UNESA Open XII yang dilaksanakan di Mall BG Junction Surabaya pada Jumat-Minggu, 7-9 September 2018 lalu.
“Keberangkatan atlet hari Kamis, pendaftarannya Kamis malam. Pertandingannya dimulai hari Jumat dan finalnya di hari Minggu,” ujar Abidin.
Merupakan suatu kelebihan tersendiri untuk diri Abidin mengingat telah lamanya ia berkecimpung di dunia bela diri Ju-Jitsu ini, yakni sejak kelas VII (kelas 1 SMP sederajat).
“Saya mengikuti pelatihan bela diri Ju-Jitsu sejak kelas VII MTs, atau tepatnya sejak tahun 2012,” ungkap mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) ini.
Sejak berkecimpung di dunia bela diri Ju-Jitsu tersebut, Abidin juga telah membawa segudang prestasi. Berikut merupakan daftar prestasi mahasiswa kelahiran Blitar ini.
Prestasi di jenjang SMP (MTsN 5 Kandat):
Juara 3 Kejuaraan UNIVET BANTARAN Sukoharjo se-Jawa, Kelas Senior Putra B (2014)
Prestasi di jenjang SMA (SMKN 1 Udanawu):
1. Juara 2 Kejurda Jawa Timur di Blitar, Piala Bupati Blitar, Kelas Senior Putra (2015)
2. Juara 1 Kejuaraan Ju-Jitsu di Gresik Tingkat Provinsi, Kelas B Senior Putra (2016)
3. Juara 2 Kejuaraan Ju-Jitsu di Universitas Muhammadiyah Ponorogo Tingkat Nasional, Kelas A Reguler Putra (2017)
4. Juara 2 Kejuaraan Ju-Jitsu di Ngawi Tingkat Nasional, Kelas A Reguler Putra
5. Juara 1 Lomba Kreativitas Inovasi dan Teknologi (KRENOTEK) Kabupaten Blitar Tahun 2017 Kategori Pelajar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) (2017)
6. 3rd Position on Test Event Ju-Jitsu Championship Indonesia Open 2018 Road to Asian Games, Newaza -56 kg Putra (2018)
7. Juara 1 Kejuaraan Ju-Jitsu Polres Madiun Cup se-Jawa Timur, kategori Reguler Putra A (2018)
“(Karena) Saya menemukan keluarga dalam organisasi ini, selain itu karena hati sudah melekat di organisasi ini, bahkan saya bisa melupakan waktu jika berada dalam proses latihan bersama teman asal Dojo di Blitar,” ungkap Abidin ketika diwawancarai oleh Reporter Formadiksi UM News, Jumat (21/9) perihal alasan menggeluti bela diri Ju-Jitsu.
Di balik prestasi-prestasi yang telah Abidin raih, terdapat sosok-sosok yang menginspirasi baginya.
“Pertama, saat saya masih duduk di bangku MTs dulu namanya M. Ibrahim Azis. Beliau adalah senior saya, yang membuat saya terinspirasi adalah dia memiliki postur tubuh yang hampir sama dengan saya (kecil) tapi prestasinya banyak. Kedua, adalah pelatih saya Coach Ansori dan Coach Rudi Hantoro. Saya berusaha meraih prestasi sebanyak mungkin untuk membuat beliau bangga karena beliau sudah banyak berkorban untuk organisasi kami dan Ju-Jitsu,” jelasnya.
Ketekunan dan kecintaannya terhadap bela diri ini ternyata bukan tidak berdasar. Abidin mengaku ingin membawa bendera Indonesia dan mengibarkannya di podium, kelak saat bertanding pada cabang olahraga Ju-Jitsu ini.
“Saya (lebih baik) fokus untuk berlatih dan mewujudkan cita-cita saya kak untuk bertanding membawa bendera Indonesia dan mengibarkannya di podium,” ujarnya.
Meskipun Abidin fokus untuk meraih cita-citanya tersebut, ia tak lupa dengan kewajibannya sebagai mahasiswa, terkhusus sebagai mahasiswa bantuan biaya pendidikan Bidikmisi untuk tetap semangat dalam mengikuti proses perkuliahan.
“Kita sebagai mahasiswa Bidikmisi juga harus tetap berprestasi dan tentunya semangat dalam mengikuti proses perkuliahan,” ungkapnya. (Amanatul Haqqil Ibad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *