Mempererat Silaturahmi Mahasiswa Baru KIP K melalui Meet Up SCDP 2020

Mempererat Silaturahmi Mahasiswa Baru KIP K melalui Meet Up SCDP 2020

Formadiksi UM News – Pada Senin—Selasa (23–24 /11/2020) telah dilaksanakan meet up ketiga antara mahasiswa penerima KIP Kuliah UM yang ditemani oleh  penanggung jawab fakultas (PJF), penanggung jawab kampus (PJK), dan liaison officer (LO) dari masing-masing fakultas untuk program kerja Students’ Capacity Development Program (SCDP) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Google Meet.

Students’ Capacity Development Program (SCDP) merupakan program kerja yang dinaungi oleh Divisi Hubungan Internal Mahasiswa (HIM). Program kerja ini dirancang khusus untuk para mahasiswa baru penerima KIP Kuliah UM. Salah satu rangkaian kegiatan SCDP tersebut ialah meet up mahasiswa penerima KIP Kuliah UM. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Meet Up SCDP ialah untuk menyambung dan mempererat tali silaturahmi mahasiswa baru penerima KIP Kuliah UM, menambah relasi, dan sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri dengan mahasiswa penerima KIP Kuliah UM.

“Antusias mereka dengan kegiatan SCDP ini menurut saya tinggi, mereka semangat meskipun banyak kendala dalam melaksanakan serangkaian kegiatan. Saking antusiasnya ada lo yang ngerjakan tugas 1–3 sekaligus langsung selesai,” ujar Fitria selaku LO dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Rangkaian kegiatan meet up dimulai dari perkenalan baik dari LO maupun mahasiswa baru penerima KIP Kuliah UM dari fakultas masing-masing, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang pembuatan Jurnal “Hello My Dearest Friend” maupun Video “Talk about Meet Up” dan menjelaskan juga mengenai Video Mob yang merupakan bagian dari rangkaian acara. Selain itu, Meet Up juga sebagai sarana para LO untuk membimbing peserta dalam kegiatan SCDP 2020.

Jurnal “Hello My Dearest Friend” dan Video “Talk about Meet Up” merupakan agenda dari serangkaian kegiatan SCDP 2020. Jurnal “Hello My Dearest Friend” berbentuk jurnal atau diary yang berisi kumpulan biodata teman sesama mahasiswa baru penerima KIP Kuliah UM di fakultas masing-masing dan Video “Talk about Meet Up” merupakan video kesan dan pesan mahasiwa baru penerima KIP Kuliah UM pada Meet Up SCDP 2020.

“Manfaat yang diharapkan di balik pembuatan Jurnal “Hello My Dearest Friend” yaitu untuk menambah relasi dan menyambung silaturahmi antarmahasiswa baru penerima KIP Kuliah UM. Selain itu, dalam pembuatan jurnal ini juga bisa mengasah kreativitas baru mahasiswa penerima KIP Kuliah UM. Pada pembuatan jurnal tersebut juga terdapat ketentuan seperti ditujukan untuk teman beda program studi, beda daerah, sehingga harapannya bisa menambah relasi, silaturahmi, dan membantu mahasiswa untuk menyesuaikan diri di kondisi kampus. Sedangkan pembuatan Video “Talk about Meet Up” memiliki tujuan sebagai sarana untuk mengasah kemampuan public speaking, meningkatkan kepercayaan diri serta mengasah kreativitas mahasiswa penerima KIP K,” jelas Wanda, Koordinator Sie Acara SCDP 2020.

Elvina, salah satu peserta Meet Up dari program studi S1 Pendidikan IPA menyampaikan, “Kesannya seru, senang dapat teman-teman baru dari program studi lain. Nambah relasi pertemanan juga di fakultas yg sama. Mendapat kenalan baru, ilmu baru, intinya selama perkenalan baik-baik aja kok. Rangkaiannya juga seru.”

“Harapan ke depannya, kegiatan SCDP ini menjadi kegiatan yang menarik, tapi di sisi lain menarik juga harus bisa bermanfaat buat ke depannya. Kegiatan ini bisa membantu teman-teman yang mengikuti kegiatan ini untuk mengembangkan dan mengasah gagasan, inovasi, kreativitas, serta integritas menuju generasi emas Indonesia buat ke depannya,” tutup Elvina.

 

Reporter          : Rindiani Sholikatun

Editor              : Azyan Qatrunnada Islam

 

One thought on “Mempererat Silaturahmi Mahasiswa Baru KIP K melalui Meet Up SCDP 2020”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *