Pelatihan PKM: Wadah Mahasiswa Bidikmisi UM untuk Mengembangkan Kreativitas

MALANG, Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) akan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada 13 September – 11 Oktober 2019 mendatang. Pelatihan PKM ini adalah salah satu rangkaian dari program kerja Pelatihan Karya Tulis Ilmiah yang sudah rampung dilaksanakan pada bulan April sampai Mei kemarin.

Pelatihan PKM ini memiliki tujuan yaitu untuk memperkenalkan PKM kepada Mahasiswa Bidikmisi UM, mewadahi dan memfasilitasi Mahasiswa Bidikmisi UM dalam proses belajar dan pembuatan PKM, serta meningkatkan potensi Mahasiswa Bidikmisi UM sebagai ajang untuk menyalurkan ide kreatif dan inovatif yang kemudian dituangkan dan dikemas rapi dalam proposal PKM.

Pelatihan ini juga akan dibimbing oleh pemateri yang sudah ahli dalam bidang PKM. Akan ada 5 bidang PKM, yaitu: PKM penelitian (PKM-P), PKM kewirausahaan (PKM-K), PKM pengabdian kepada masyarakat (PKM-M), PKM teknologi (PKM-T), dan PKM karsa cipta (PKM-KC).

“Untuk bentuk pelatihannya sendiri ada dua sesi, sesi pertama yaitu meet up akbar dan sesi kedua yaitu sesi mentoring yang akan dilaksanakan seminggu sekali,” jelas Rindiani Sholikatun, Ketua Pelaksana Pelatihan PKM.

Pendaftaran peserta dibuka pada tanggal 23 Agustus – 8 September 2019. Cara melakukan pendaftarannya pun cukup mudah, yakni dengan mengisi formulir pada link pendaftaran yang telah tercantum di poster.

Selain mengisi formulir, para peserta diharuskan sudah memiliki tim dan juga telah membuat abstrak sesuai dengan template yang disediakan pada panduan pendaftaran. Nantinya 50 tim dengan abstrak terbaik dan tersesuai akan mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini.

“Abstrak yang sudah dikirim akan diseleksi, hanya 50 tim dengan abstrak terbaik yang dapat mengikuti Pelatihan PKM. Sistem seleksinya dilihat dari kesesuaian abstrak dengan panduan pendaftaran dan buku Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UM tahun 2018. Selain dari struktur penulisan, keefektifan dan inovasi yang diberikan juga sangat mempengaruhi penyeleksian abstrak,” tambahnya.

“Dengan berbagai benefit yang akan didapat, semoga program kerja ini dapat membantu Mahasiswa Bidikmisi UM dalam mempelajari tentang PKM. Jangan sampai ketinggalan ya, tetap semangat berinovasi untuk Indonesia yang lebih maju. Salam Pencinta Ilmiah!” tutup Rindiani.

Reporter          : Nadya Erawati

Editor              : Chiti Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *