Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru Bidikmisi UM 2018: Langkah Awal Mencetak Mahasiswa Berkarakter Bagus Bernilai Plus

Malang – Kamis (06/9) Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang dipenuhi oleh ratusan mahasiswa baru Bidikmisi angkatan 2018. Bersama dengan Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM), Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Pembentukan Karakter Mahasiswa Bidikmisi UM Angkatan 2018 yang Kreatif, Berprestasi, dan Berjiwa Wirausaha dengan tema “Preparing the Future with Motivation, Innovation, and Entrepreunership”. Acara yang berlangsung sejak pukul 07.30 WIB hingga menjelang waktu Magrib ini sangat berkesan bagi para mahasiswa baru Bidikmisi UM 2018 karena ada begitu banyak manfaat yang didapatkan.
Hal tersebut disampaikan oleh M. Izam Masro’ir, mahasiswa baru Bidikmisi dari Fakultas Ilmu Sosial, “Acaranya sangat seru, bagi maba (mahasiswa baru) sangat bermanfaat sekali acara ini. Kerja dari pengurus Formadiksi UM juga sudah menjadi contoh dan panutan bagi maba-maba semua.”
Acara yang dihadiri langsung oleh Wakil Rektor III dan para Wakil Dekan III seluruh fakultas se-UM ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa baru Bidikmisi UM agar memiliki karakter yang baik di samping prestasi akademik yang gemilang. Hal ini disampaikan oleh Bapak Taat Setyohadi selaku Kabag Kemahasiswaan UM.
“(Acara ini sangat penting) karena supaya mereka mempunyai wawasan, landasan, dan pengetahuan dasar tentang bagaimana mereka (hidup di kampus sebagai mahasiswa Bidikmisi) kalau dulu waktu PKKMB (diberitahu) itu secara umum (bagaimana) perkuliahan itu. Nah ini agak khusus, kita masuk kepada materi bahwa mahasiswa selain pintar juga harus punya kemampuan tambahan terutama di bidang kewirausahaan, kemampuan menulis yang dapat membantu mereka untuk memiliki karakter yang bagus dan memiliki nilai plus,” ujar Bapak Taat.
Pemateri dalam acara ini adalah Dr. Heny Kusdianti, S.Pd., M.M. yang menyampaikan materi mengenai PKM, Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn yang meyampaikan materi terkait kewirausahaan, dan Dr. Sultoni, M.Pd yang memberikan motivasi berprestasi kepada para mahasiswa. Di penghujung acara dilaksanakan pembagian buku tabungan oleh Bank Tabungan Negara (BTN) dan pembagian uang transportasi serta uang biaya hidup sementara bagi mahasiswa baru Bidikmisi UM.
Bapak Syamsul Hadi, M.Ed., selaku Wakil Rektor III yang hadir dalam acara ini menyampaikan serangkaian pesan yang diperuntukkan bagi mahasiswa Bidikmisi secara universal dan dikhususkan untuk mahasiswa baru Bidikmisi UM angkatan 2018 ini. Beliau berpesan agar para mahasiswa menunjukkan kerja terbaik, tak putus asa, tak mengeluh, selalu bersyukur, dan memanfaatkan living cost dengan sebaik mungkin untuk kepentingan belajar,
“Harapan saya, pertama ayo kita (mahasiswa baru Bidikmisi UM) menunjukkan unjuk kerja kita yang terbaik seperti kakak-kakaknya yang sudah menunjukkan prestasi yang luar biasa, jangan pernah putus asa, tidak boleh mengeluh, semua harus disyukuri dan dinikmati, dana yang diberikan pemerintah manfaatkan dengan sebaik-baiknya hanya untuk mendukung kepentingan belajar,” tutur Bapak Syamsul.
Selain itu, Bapak Wakil Rektor III ini juga menyampaikan pesan yang ditujukan kepada Formadiksi UM. Banyak hal diharapkan Bapak Syamsul kepada Formadiksi UM antara lain agar Formadiksi UM dapat menjaga NKRI, mampu menjadi teladan serta inspirasi bagi mahasiswa Bidikmisi yang dinaunginya maupun bagi mahasiswa lainnya.
“Formadiksi UM harus menjadi penjaga NKRI yang berdasarkan Pancasila, Formadiksi UM harus menjadi inspirator kreativitas, Formadiksi UM harus menjadi inspirator kemandirian dari para mahasiswa Bidikmisi atau bahkan bisa menjadi teladan bagi mahasiswa-mahasiswa UM lainnya.” (Siska Amalia dan Khusnul Khotimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *