Pengen Jadi Debater? Tenang, Formadiksi UM Akan Rilis Debate Training Programme (DTP) Bagi Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang

MALANG – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang atau biasa dikenal dengan Formadiksi UM seolah tidak kehabisan ide untuk mengembangkan minat, bakat, serta renjana dari mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang. Tingginya minat mahasiswa Bidikmisi untuk mendalami keahlian bersawala ini, tercermin dari hasil survei yang disebar beberapa waktu lalu. Mengutip unggahan pada akun Instagram resmi Formadiksi UM pada @formadiksium, program kerja ini diadakan untuk meningkatkan serta melatih kepekaan mahasiswa dalam memandang isu-isu publik yang berkembang, melatih berpikir kritis serta menambah wawasan, di samping mendalami kemampuan bersawala, Jumat, 29 Juni 2018 lalu.
Hal senada juga dituturkan oleh Ketua Pelaksana Debate Training Programme, Nanda Defi Aprilianto, yang menyatakan bahwa program kerja ini bertujuan untuk melatih mahasiswa Bidikmisi dalam hal public speaking, melatih berargumen, dan berpikir kritis secara rasional terhadap banyak isu yang berkembang, yang nantinya dengan adanya program ini mahasiswa Bidikmisi diharapkan dapat berprestasi dengan ikut serta dalam perlombaan debat baik tingkat regional maupun nasional. Program ini juga untuk menyiapkan skill berbicara pada mahasiswa, yang mana akan sangat bermafaat ketika terjun langsung ke masyarakat umum.
“Tujuan utamanya (Debate Training Programme) adalah melatih kemampuan public speaking, melatih berargumen, dan juga berpikir kritis terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat, mas. Dengan memiliki kemampuan ini, diharapkan (mahasiswa Bidikmisi) bisa berprestasi, contohnya dengan mengikuti perlombaan debat tingkat regional maupun nasional dan juga mempersiapkan skill ketika nantinya terjun ke masyarakat langsung,” jelas Nanda, Minggu (1/7/2018).
Ketika ditanya oleh reporter Formadiksi UM News terkait kapan tanggal perilisan dan pembukaan pendaftaran Debate Training Programme, Anggota Divisi Minat dan Bakat ini masih merahasiakan dan menghimbau kepada mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang untuk selalu meng-update informasi di seluruh akun resmi Formadiksi UM. Namun dia menambahkan akan terdapat kuota peserta bagi yang ingin mengikuti program ini.
“Kalau tanggal rilis masih rahasia ya, mas. Selalu pantau akun resmi Formadiksi UM, karena semua infromasi penting akan diumumkan di sana. Sebagai informasi saja bahwa nantinya akan ada kuota untuk program ini. Jadi, kalau sudah dibuka pendaftaran langsung cepetan daftar. Kuotanya sekitar 40 peserta, bagaimana teknisnya nanti akan dijelaskan saat perilisan resmi,” tutupnya di akhir wawancara.
Reporter : Muhammad Yunan – Amirul Mei
Editor : Amanatul Haqqil Ibad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *