Peningkatan: BMGTS 2019 Libatkan Tujuh Perguruan Tinggi di Malang Raya

MALANG, Formadiksi UM News – Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi (FKMB) Malang Raya baru saja menyelenggarakan Bidikmisi Goes To School (BMGTS) pada Jumat (25/1/2019) hingga Sabtu (26/1/2019). Kegiatan tahunan FKMB Malang Raya ini, diikuti oleh tujuh kampus di Malang Raya. Total tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari segi keikutsertaan perguruan tinggi dalam BMGTS tahun ini.

“Yang ikutan alhamdulillah ini bertambah, dulunya UM (Universitas Negeri Malang), UB (Universitas Brawijaya), Polinema (Politeknik Negeri Malang), Unisma (Universitas Islam Malang), dan ABM (Akademi Bank Malang, saat ini bernama STIE Malangkucecwara). Tahun ini ada dari UIN (Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang), Unira (Universitas Islam Raden Rahmat) juga,” ujar Yuan Nur Vitriana, Koordinator FKMB Malang Raya periode 2017/2018 yang saat ini menjabat sebagai Ketua FKMB STIE Malangkucecwara.

Dalam BMGTS 2019 ini, Universitas Negeri Malang diamanahkan menjadi si acara. Hal tersebut diungkapkan oleh Riduwan Prasetya selaku si acara yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Formadiksi UM periode 2019.

“Dalam kegiatan ini, UM dilibatkan menjadi si acara,” terang Riduwan pada kesempatan wawancara oleh Reporter Formadiksi UM News, Senin (28/1/2019).

Berikut merupakan liputan lengkap terkait BMGTS 2019.

  1. BMGTS merupakan kegiatan sosialisasi terkait Bidikmisi kepada siswa-siswi pada jenjang sekolah menengah atas (SMA) sederajat.

“BMGTS dilakukan oleh Mahasiswa Bidikmisi aktif yang tergabung dalam forum Bidikmisi, entah itu internal kampus atau regional di daerahnya masing-masing. Kegiatannya BMGTS itu sosialisasi ke SMA/SMK sederajat. Di sana itu kita menyampaikan apa sih Bidikmisi itu, gimana caranya (daftar), dan apa yang diperoleh dalam Bidikmisi tersebut,” jelas Siti Nur Khasanah, Ketua Pelaksana BMGTS 2019 yang juga Mahasiswa Bidikmisi STIE Malangkucecwara.

  1. Sasaran BMGTS yakni sekolah yang memerlukan informasi lebih terkait kebidikmisian.

“Kita menyalurkan informasi ke sekolah-sekolah di Indonesia ini yang kurang pengetahuan tentang Bidikmisi. Tujuannya agar seluruh sekolah yang ada di Indonesia ini mendapatkan akses, mendapatkan informasi tentang Bidikmisi sehingga Bidikmisi itu bisa tersampaikan dengan tepat,” terang Nur pada kesempatan wawancara oleh Reporter Formadiksi UM News, Minggu (27/1/2019).

“Sasaran BMGTS tahun ini SMK PGRI 1 Pakisaji, SMK Budi Mulya Pakisaji, dan SMK NU Gondanglegi,” tambah Mahasiswa Jurusan Manajemen STIE Malangkucecwara tersebut.

  1. BMGTS 2019 dibagi menjadi dua sesi.

“Untuk tanggal 25 Januari di SMK PGRI 1 Pakisaji dan SMK Budi Mulya Pakisaji. Tanggal 26 Januari di SMK NU Gondanglegi,” tambah Yuan pada kesempatan wawancara yang sama dengan Nur, Minggu (27/1/2019) oleh Reporter Formadiksi UM News.

Dalam hal ini Riduwan sebagai si acara menyampaikan bahwa ketiga sekolah yang dituju bertempat pada dua daerah yang berbeda, sehingga sosialisasi dibagi menjadi dua sesi.

“Hal ini didasarkan karena ada dua daerah yang berbeda yang dijadikan tempat BMGTS, sehingga kita membagi menjadi dua sesi sosialisasi,” jelasnya.

  1. Persiapan panitia BMGTS 2019 dimulai sejak Desember 2018 lalu.

“Pembentukan panitia BMGTS, tanggal 21 Desember 2018. Si acara: UB dan UM, si PDD (Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi): ABM, si Humas (Hubungan Masyarakat): Polinema, si transportasi: Unira, untuk UIN dan Unisma menjadi anggota,” ujar Nur.

Hal senada diungkapkan oleh Yuan. Mahasiswa Jurusan Akuntansi tersebut juga menambahkan bahwa panitia melakukan persiapan kegiatan, seperti rapat dan survei ke sekolah-sekolah.

“Persiapannya sejak Desember, seperti rapat. Ketua pelaksana ini dari ABM, yaitu Nur Khasanah, juga survei ke sekolah-sekolah,” tambahnya.

  1. BMGTS 2019 menjadi kegiatan yang harapannya dapat membuka mindset dan memotivasi siswa untuk melanjutkan kuliah.

“Harapan saya untuk anak-anak yang berminat kuliah tapi tidak ada biaya, bisa terbantu atas informasi ini. Intinya bisa membuka mindset mereka dan termotivasi untuk melanjutkan kuliah,” ujar Nur.

Harapan serupa diutarakan Yuan agar siswa-siswi dapat melanjutkan pendidikan lagi.

“Harapannya mereka mampu melanjutkan pendidikan lagi dan Bidikmisi bisa tepat sasaran juga,” terang Yuan.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, Riduwan menyampaikan harapannya agar BMGTS dapat tetap dilaksanakan dan lebih baik lagi.

“Semoga BMGTS ini tetap ada dan lebih baik lagi dalam pelaksanaannya,” tutupnya.

Penulis             : Amanatul Haqqil Ibad

Editor              : Amanatul Haqqil Ibad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *