Penutupan Lomba Cipta Puisi dan Opini, Formadiksi UM Umumkan Enam Juara

Malang – Rabu (15/8) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) resmi menutup Lomba Cipta Puisi dan Opini Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang. Lomba Cipta Puisi dan Opini merupakan salah satu progam kerja Formadiksi UM yang mewadahi kreatifitas mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang dalam kepenulisan. Selain itu, perlombaan ini juga bertujuan untuk memfasilitasi serta mengembangkan jiwa berkompetisi bagi mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang. Perlombaan ini berlangsung sejak bulan Juni 2018 lalu dengan sasaran peserta adalah mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang angkatan 2015 hingga 2017.
“Pendaftaran Lomba Cipta Puisi dan Opini dilaksanakan mulai tanggal 25 Juni hingga 15 Agustus 2018. Peserta yang ingin mendaftar harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan di antaranya yaitu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 10.000, harus merupakan mahasiswa Bidikmisi UM, menyertakan kelengkapan persyaratan yang harus dilampirkan di naskah dan lain-lain di mana itu akan menjadi pertimbangan untuk penyeleksian nanti,” ujar Munika Sari selaku sie lomba dalam Lomba Cipta Puisi dan Opini ini.
Selama pembukaan hingga penutupan, Lomba Cipta Puisi dan Opini ini mendapat respon yang cukup baik dari mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang yang mengirimkan karyanya pada perlombaan ini.
“Peserta Lomba Cipta Puisi dan Opini cukup antusias dalam mengikuti lomba kepenulisan puisi dan opini ini. Akan tetapi mayoritas peserta lebih tertarik pada kepenulisan puisi. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya karya yang masuk lebih banyak pada jenis puisi,” jelas Khusnul Khotimah, Ketua Pelaksana Lomba Cipta Puisi dan Opini Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang.
Pada pelaksanaannya, Lomba Cipta Puisi dan Opini dimenangkan oleh beberapa mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang pada masing-masing kategori. Adapun tiga besar pemenang Lomba Cipta Puisi tersebut adalah sebagai berikut.
Juara I : Rina Sari “Pemuda Berkrama”
Juara II : Fani Teguh Permana Adi “Persetan dengan Moral”
Juara III : Nadiyatul Falah “Mencari Atma Penuh Bara”
Sedangkan tiga besar pemenang Lomba Cipta Opini sebagai berikut.
Juara I : Fitriyanti Bunga Rindang Utami Wiyono “Celah Kontribusi Seorang Konten Kreator dalam Dunia Pendidikan di Luar Ruang Belajar”
Juara II : Syari’atud Diniah “Berantas Bullying Melalui Pendidikan Moral”
Juara III : Muhammad Yunan Helmi Nur Alifi “Morat-Marit Moral di Dunia Maya”
Pasca pengumuman pemenang dari Lomba Cipta Puisi dan Opini, Reporter Formadiksi UM News tak ketinggalan untuk mewawancarai beberapa pemenang dari lomba ini. Salah satunya yaitu Fitriyanti Bunga Rindang Utami Wiyono selaku peraih Juara I Lomba Cipta Opini, “Ini pertama kalinya saya ikut lomba menulis opini, biasanya cuma berani ikut lomba cerpen atau puisi. Awalnya saya menulis untuk topik soal ‘Content Creator’ itu karena saya suka nonton Youtube, jadi saya pikir ini bisa buat bahan topik opini,” ujar Bunga terkait keunikan dari karya opininya.

“Harapan saya dengan adanya Lomba Cipta Puisi dan Opini ini menjadikan mahasiswa Bidikmisi semakin termotivasi lagi untuk berkarya. Bisa berkarya di karya tulis ilmiah, mungkin bisa di sastra tentang berita atau opini. Minimal mahasiswa Bidikmisi itu mempunyai tempat untuk mempublikasikan karya mereka di bidang sastra atau bidang non ilmiah. Salah satunya tempatnya di Formadiksi UM,” tutupnya Muhammad Yunan Helmi Nur Alifi selaku peraih Juara III Lomba Cipta Opini. (Nurul Alfiah, Pendi Setya, Nadiyatul Falah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *