PKTI Berakhir, Harapannya Tahun Depan Kuota Peserta Ditambah

MALANG, Formadiksi UM News – Jumat (10/5/2019) Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) 2019 telah usai dilaksanakan. PKTI telah dilaksanakan tiga kali dalam seminggu yang dimulai pada Rabu (10/4/2019) hingga Jumat (10/5/2019) di Sekretariat Formadiksi UM.

“Jadwal pertama (sebenarnya), PKTI berakhir pada tanggal 3 Mei sebelum UAS (Ujian Akhir Semester), tetapi karena ada kendala waktu dan tentor ada yang sedang bertugas ke luar kota jadi mundur satu pekan, sehingga berakhir pada tanggal 10 Mei,” jelas Rindiani Sholikatun selaku Ketua Pelaksana PKTI.

Izzatun Nafis, Iis panggilannya adalah salah satu tentor PKTI dari Jurusan Matematika yang merupakan Mahasiswa Bidikmisi UM angkatan 2016. Iis pernah menorehkan prestasi yaitu sebagai Finalis PIMNAS ke-31 di UNY bidang PKM-PSH tahun 2018 serta telah berhasil membuat 18 judul karya tulis yang telah dilombakan di berbagai Lomba Karya Tulis Ilmiah hingga ke tingkat Nasional. Iis mengungkapkan bahwa PKTI sangat bermanfaat bagi Mahasiswa Bidikmisi UM untuk menyalurkan bakat dan minat di bidang kepenulisan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk Mahasiswa Bidikmisi UM, soalnya bisa juga dibuat sebagai salah satu upaya menyalurkan bakat dan minat Mahasiswa Bidikmisi UM di bidang kepenulisan, apalagi kita sebagai Mahasiswa Bidikmisi UM, kita menerima beasiswa dari negara pastinya kita kan harus memberi kontribusi juga. Nah, melalui ajang karya tulis ini bisa menjadi salah satu wadah untuk kita berkontribusi melalui ide yang kita tuangkan dalam tulisan, jadi saya sangat mengapresiasi dengan adanya Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) ini yang dapat membantu Mahasiswa Bidikmisi UM berkarya untuk negeri,” jelas Iis.

Ia juga mengungkapkan harapannya untuk PKTI ke depannya yaitu agar kuota peserta ditambah.

“Harapannya mungkin lebih banyak lagi kuota yang disediakan sehingga lebih banyak lagi Mahasiswa Bidikmisi UM yang bisa mengikuti pelatihan ini bisa belajar bareng-bareng lagi dan mungkin peserta bisa diarahkan ke Lomba Karya Tulis Ilmiah,” lanjutnya.

Selain itu, salah satu peserta PKTI, Fina Zakiya dari Jurusan Sastra Inggris yang merupakan Mahasiswa Bidikmisi UM angkatan 2018 mengungkapkan bahwa dengan adanya PKTI sangat membantu untuk mendapatkan ilmu baru terutama di bidang kepenulisan dari tentor-tentor yang berpengalaman di bidang kepenulisan.

“Alhamdulillah, proker (program kerja) ini sangat membantu, aku dapat ilmu baru dari pelatihan itu kan narasumbernya juga gak main-main, kakak-kakaknya sudah dipilih karena memiliki pengalaman yang luar biasa gitu loh, jadi ya bagus kalau menurutku. Aku suka program ini, dan cukup membantu,” ungkap Fina.

Harapan setelah diadakan PKTI selama satu bulan ini yaitu agar Mahasiswa Bidikmisi UM dapat menuangkan idenya ke dalam bentuk karya tulis ilmiah sehingga dapat berpastisipasi di berbagai Lomba Karya Tulis Ilmiah.

“Harapannya semoga dengan adanya PKTI ini bisa membantu Mahasiswa Bidikmisi UM dalam mengolah ide kreatif yang dimiliki ke dalam karya tulis ilmiah dan dapat berpartisipasi dalam berbagai Lomba Karya Tulis Ilmiah. Dengan adanya PKTI bisa lebih mempererat tali silaturahi antar Mahasiswa Bidikmisi yang ada di Universitas Negeri Malang, dan semoga ilmu yang diberikan oleh tentor dapat bermanfaat bagi peserta, dan meskipun PKTI telah berakhir semoga komunikasi antar peserta, panitia, dan tentor masih terjalin dengan baik,” ujar Rindiani.

 

Reporter          : Dewangga Andhika dan Himami Absawati

Editor              : Nadya Erawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *