Sembilan Tahun Formadiksi UM Berkibar untuk Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM

Formadiksi UM News – Sembilan tahun berdiri, tentu saja bukan hal yang mudah bagi Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) untuk tetap berkibar mewadahi aspirasi dan menggelar berbagai program kerja untuk mahasiswa penerima Bidikmisi UM. Banyak hal yang sudah terlewati, banyak pencapaian yang berhasil diraih, hasil kerja yang telah diperoleh, dan peranannya yang sangat penting bagi mahasiswa penerima Bidikmisi UM.

Reporter Formadiksi UM News berhasil merangkum pencapaian Formadiksi UM, hasil kerja Formadiksi UM, dan peranannya dalam membantu mahasiswa penerima Bidikmisi UM selama sembilan tahun yang diungkap oleh Ade Setyawan Pratama selaku Ketua Formadiksi UM periode 2018 dan Wiwid Nurachmawati, S.P. selaku Pendamping Teknis Formadiksi UM pada Senin (1/6/2020). Check it out!

Formadiksi UM berkontribusi bagi peningkatan soft skills dan hard skills mahasiswa penerima Bidikmisi UM.

“Beragam hal terukur yang pertama kali diterapkan Formadiksi UM di antaranya ketentuan output yang wajib dibuat dari sebuah kegiatan yaitu artikel prakegiatan, video after movie, dan artikel pascakegiatan. Saya rasa itu sangat signifikan dalam meningkatkan eksistensi Formadiksi UM hingga saat ini. Formadiksi UM juga memiliki koordinasi yang sangat baik dengan mitra Formadiksi UM, sehingga timbul kepercayaan dan cukup banyak timbal balik baik yang kami dapatkan. (Dan) saya rasa Formadiksi UM selama sembilan tahun ini telah banyak berkontribusi bagi peningkatan soft skills maupun hard skills mahasiswa penerima Bidikmisi UM melalui banyak program kerja yang dilaksanakan,” ungkap Ade Setyawan Pratama.

Menjadi rujukan organisasi mahasiswa penerima Bidikmisi di tingkat Universitas maupun di tingkat Nasional.

“Formadiksi UM menjadi rujukan organisasi mahasiswa penerima Bidikmisi baik di tingkat Universitas maupun di tingkat Nasional dengan rutin mengikuti kegiatan silaturahmi dan musyawarah Bidikmisi Nasional setiap tahunnya. Formadiksi UM melalui serangkaian program-program kerja yang diselenggarakan, juga telah menghasilkam banyak prestasi-prestasi yang membanggakan dari mahasiswa penerima Bidikmisi UM, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik. Kinerja Formadiksi UM selama sembilan tahun terakhir telah menunjukkan hasil yang terstruktur dan bersistem. Hal ini terbukti melalui pengadaan program-program kerja yang luar biasa, rapi, dan inovatif yang menghasilkan serta memunculkan mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan berkualitas sehingga menjadikan Formadiksi UM sebagai rujukan organisasi mahasiswa penerima Bidikmisi. Hal ini tidak lepas pula dari kerja keras dan kinerja yang dilakukan oleh para Pengurus Formadiksi UM dengan penuh semangat dan motivasi yang tinggi untuk memperjuangkan eksistensi dan perkembangan Formadiksi UM,” jelas Ibu Wiwid Nurachmawati.

Partisipasi aktif mahasiswa penerima Bidikmisi UM terhadap Formadiksi UM banyak diapresiasi.

“Saya rasa sembilan tahun ini partisipasi rekan-rekan mahasiswa penerima Bidikmisi UM cukup baik. Semangat mahasiswa penerima Bidikmisi UM diapresiasi oleh banyak pihak. Tentu kita semua berharap partisipasi tersebut juga terus meningkat. Partisipasi dan sense of belonging antara anggota dengan organisasinya menjadi satu bagian penting dalam sebuah organisasi,” ungkap Ade Setyawan Pratama.

Dikenal sebagai organisasi kekeluargaan yang aktif dalam memberikan dan menyalurkan informasi seputar kebidikmisian baik akademik maupun nonakademik bagi mahasiswa penerima Bidikmisi UM.

“Seluruh mahasiswa penerima Bidikmisi UM pasti mengenal Formadiksi UM karena hampir seluruh kegiatan yang terkait dengan mahasiswa penerima Bidikmisi UM selalu dinaungi atau diselenggarakan oleh Formadiksi UM melalui program-program kerja Formadiksi UM seperti kegiatan Resettlement Bidikmisi UM. Meskipun yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan kegiatan adalah Bagian Kemahasiswaan, tetapi pengelola pelaksana tetap melibatkan Pengurus Formadiksi UM sehingga mahasiswa penerima Bidikmisi UM tentu akan mengenal Formadiksi UM. Di samping itu, Formadiksi UM juga berfungsi sebagai wadah organisasi kekeluargaan yang aktif dalam memberikan dan menyalurkan informasi seputar kebidikmisian baik akademik maupun nonakademik bagi seluruh mahasiswa penerima Bidikmisi UM,” jelas Ibu Wiwid Nurachmawati.

Wah, banyak hal yang telah dicapai oleh Formadiksi UM selama sembilan tahun ini. Tak hanya berhenti di sini, semoga Formadiksi UM terus aktif dan meningkatkan kualitasnya untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswa penerima Bidikmisi UM.

Bidikmisi, berprestasi tiada henti!

Reporter          : Widya Dewi Siti Fatimah dan Yoga Pratama Putra

Editor              : Rohma Roifatunnisa’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *