TIPS JUARA LOMBA PUISI DAN CERPEN MAHASISWA BIDIKMISI UM 2019

Formadiksi UM News – Lomba Puisi dan Cerpen Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) 2019 telah dibuka, lho! Yuk, ikutan! Bagi teman-teman Mahasiswa Bidikmisi UM yang ingin mengikuti Lomba Puisi dan Cerpen Mahasiswa Bidikmisi UM 2019, yuk simak tips Juara Lomba Puisi dan Cerpen Mahasiswa Bidikmisi UM yang berhasil dirangkum dari narasumber yang berpengalaman dalam bidang puisi dan cerpen, lho!

Rina Sari Mahasiswa Bidikmisi angkatan 2017 dari Fakultas Ilmu Pendidikan peraih Juara 1 Lomba Cipta Puisi Mahasiswa Bidikmisi UM 2018 dan Ahmad Junaidi Mahasiswa Bidikmisi angkatan 2014 dari Fakultas Sastra peraih Juara 1 Lomba Cipta Cerpen Mahasiswa Bidikmisi UM 2018 yang menjadi narasumber kami.

Tips Cipta Puisi Ala Rina Sari, Juara 1 Lomba Cipta Puisi Mahasiswa Bidikmisi UM 2018

Selain menjadi Juara 1 Lomba Cipta Puisi Mahasiswa Bidikmisi UM 2018, Rina Sari juga berhasil menghasilkan karya yang terpilih menjadi pantun kontributor Buletin Formadiksi UM sebanyak dua kali. Puisinya juga pernah dimuat di majalah SMA-nya.

Rina membagikan tips persiapan yang harus diperhatikan oleh penulis puisi.

“Saya pahami benar-benar tema yang dibuat oleh Formadiksi UM agar puisi saya benar-benar sesuai dengan tema yang diusung dan juga membaca buku panduan pastinya,” jelas Rina mengenai persiapan-persiapan yang biasa ia lakukan.

Selain tips persiapannya, Rina juga membagikan tips dan trik cara membuat puisi, terutama bagi pemula berdasarkan pengalamannya agar bisa menghasilkan puisi yang terbaik. Tips dan trik membuat puisi yaitu puisi tidak terlalu panjang dalam satu baitnya, menggunakan majas, dan menggunakan diksi yang puitis.

Rina juga berpesan kepada peserta yang akan mengirimkan karya puisinya pada Lomba Puisi dan Cerpen Mahasiswa Bidikmisi UM 2019 untuk terus berkarya.

“Tetaplah berkarya dan ekspresikan diri kalian melalui setiap bait indah dari puisi.”

Tips Cipta Cerpen Ala Ahmad Junaidi, Juara 1 Lomba Cipta Cerpen Mahasiswa Bidikmisi UM 2018

Narasumber berikutnya yaitu Ahmad Junaidi. Selain berhasil meraih Juara 1 Lomba Cipta Cerpen Mahasiswa Bidikmisi UM 2018, ia juga pernah meraih prestasi sebagai Mawapres 2 Fakultas Sastra UM 2017, Lomba Cerpen Nasional Dimensi Ekspresi Nalar Udayana Science Club (DENUSC) 2017, Peserta terpilih Borobudur Writer and Culturul Festival (BWCF) 2018, Juara 1 Lomba Essai Nasional Semarak Festival Keilmiahan (SAFIK) 2018, dan Juara 1 Lomba Cipta Puisi Festival Sastra 2019 di Universitas Sebelas Maret (UNS).

Ahmad Junaidi membagikan tips dan trik khusus membuat cerpen yang menarik sehingga dapat terpilih sebagai juara.

“Tips dan triknya yaitu kembangkan pola pikir kritis, karena itu berpengaruh pada kelogisan dan kompleksitas alur, konstruksi narasi, dan pembentukan karakter tokoh. Banyak-banyak melakukan riset untuk mendukung unsur intrinsik karya dan yang pasti banyak baca, banyak menulis. Lalu diskusi dengan banyak orang dari berbagai kalangan juga penting, karena masyarakat adalah sumber paling realistis yg mampu membangun mimesis (cermin kehidupan) dalam karya sastra,” ungkapnya.

Ahmad Junaidi juga berpesan kepada peserta yang akan mengirimkan karya cerpennya pada Lomba Puisi dan Cerpen Mahasiswa Bidikmisi UM 2019 untuk menghidupkan imajinasi dan kreativitas.

“Ini pesannya personal banget. Aku mengamati sekarang ini imajinasi hampir mati. Kalau ini terus berlangsung, bukan tidak mungkin kehidupan di masa depan akan sangat kaku, otak manusia seperti robot mesin. Budaya luntur, seni dan estetika hancur, keyakinan dan semangat hidup lebur. Jadi mulai sekarang berpikirlah bagaimana cara menghidupkan imajinasi dan kreativitas orang-orang lewat tulisanmu, sebelum datang ‘The Death of Imagination’.”

Nah, banyak hal yang dapat kita terapkan untuk memaksimalkan kemampuan berkarya kita ya teman-teman. Jangan ragu lagi untuk berkarya melalui puisi dan cerpen! Ayo jangan ketinggalan, segera kirimkan puisi dan cerpenmu di Lomba Puisi dan Cerpen Mahasiswa Bidikmisi UM 2019! Berikan hasil yang terbaik sebagai Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang 2019!

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter: Lilis Tia Vita Sari
Editor: Indriani Made Alfia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *