Yuk, Kenali Lomba Cipta OPC dan Persiapkan Diri untuk Berpartisipasi!

Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) telah resmi membuka pendaftaran Lomba Cipta Opini, Puisi, dan Cerpen (OPC) Mahasiswa Penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang pada 6 April 2020 lalu. Lomba Cipta OPC Tahun 2020 merupakan salah satu rangkaian dari peringatan HUT ke-9 Formadiksi UM. Perlombaan ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa penerima Bidikmisi UM, mulai dari angkatan 2016 hingga 2019.

 

Jumat (24/04/2020), Reporter Formadiksi UM News berkesempatan mewawancarai Ketua Pelaksana dan Anggota Pengarah Lomba Cipta OPC Tahun 2020. (Yang) pertama, mari kita simak alasan di balik pengambilan tema “Asah Kemampuan Literasi Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM dalam Ekspresi Opini, Puisi, dan Cerpen” yang akan disampaikan oleh Ayu Anggraeni selaku Ketua Pelaksana!

 

“Dengan diadakannya kegiatan ini, mahasiswa penerima Bidikmisi UM diharapkan dapat mengukur sekaligus mengasah kemampuan menulisnya. (Karena) dalam menulis opini, perlu didukung kemampuan literasi agar opini tersebut dapat membangun. Dalam menulis puisi pasti akan memerlukan kumpulan kata indah yang bermakna. (Dan) dalam menulis cerpen, beberapa wawasan yang kita pahami dapat kita tuangkan dalam bentuk cerita. Jadi, jangan takut untuk terus mengasah kemampuan menulis!” jelas Ayu.

 

Selain itu, diselenggarakannya Lomba Cipta OPC Tahun 2020 bertujuan untuk menampung dan menyalurkan ide-ide kreatif mahasiswa penerima Bidikmisi UM, mempererat hubungan silaturahmi antarmahasiswa penerima Bidikmisi UM, dan mengimplementasikan visi Formadiksi UM sebagai wadah mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang berintelektual, bermoral, inovatif, dan kontributif.

Lomba Cipta OPC akan memberikan feedback bagi peserta.

 

“Pastinya ada feedback bagi peserta lomba dari mengikuti Lomba Cipta OPC Tahun 2020 yaitu untuk peserta lomba dari masing-masing kategori yang mendapatkan juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan sertifikat juara, uang  pembinaan, serta karyanya akan diterbitkan. Untuk 15 besar karya peserta lomba dari masing-masing kategori juga akan mendapatkan feedback penerbitan karya dan e-sertifikat. Jangan khawatir, untuk semua peserta lomba akan mendapatkan e-sertifikat juga,” terang Ayu.

 

Selanjutnya, Nadya Erawati selaku Anggota Pengarah Lomba Cipta OPC Tahun 2020 menyampaikan harapannya atas kegiatan ini.

 

“Semoga setelah diadakannya Lomba Cipta OPC Tahun 2020 yang mewadahi bakat mahasiswa penerima Bidikmisi UM di bidang kepenulisan, dapat menjadikan mahasiswa penerima Bidikmisi UM lebih termotivasi lagi untuk menuangkan ide-idenya dalam menulis. Tak hanya berhenti sampai di situ saja, saya harap setelah ini mahasiswa penerima Bidikmisi UM dapat mengikuti lomba kepenulisan di tingkat yang lebih tinggi lagi. Apalagi pada saat ini (lockdown), keikutsertaan dalam Lomba Cipta OPC dapat digunakan untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan kejenuhan saat di rumah,” jelas Nadya.

 

Itu tadi hasil wawancara bersama Ketua Pelaksana dan Anggota Pengarah Lomba Cipta OPC Tahun 2020. Jadi, tunggu apalagi? Segera persiapkan diri teman-teman untuk menulis dan ikut serta dalam Lomba Cipta OPC Tahun 2020! Yuk, berkreasi dalam literasi!

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter          : Anjani Nur Fitria

Editor              : Firda Imroatus Solekah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *