Pusat Layanan Advokesma: Wadah Berbagi Informasi, Bersama Temukan Solusi

Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) memiliki suatu program kerja yang bertujuan untuk memberikan pelayanan pengaduan masalah yang dialami mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah. Adapun program kerja ini bernama Pusat Layanan Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa atau biasa disingkat dengan PLA. PLA merupakan salah satu program kerja dari Divisi Advokesma yang menjadi pusat layanan pengaduan masalah yang sedang dialami mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah serta menyelesaikan permasalahan yang dialami mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah dalam bidang akademik, nonakademik, dan finansial. PLA diadakan selama satu periode kepengurusan tahun 2021, di mana telah dimulai sejak 27 Februari 2021 hingga akhir kepengurusan Formadiksi UM tahun 2021 dengan mengusung tema “Berbagi Informasi dan Memberi Solusi untuk Mahasiswa Penerima KIP Kuliah dan Bidikmisi”.

Pusat Layanan Advokesma telah menyediakan pelayanan terkait permasalahan di bidang akademik, nonakademik, dan finansial. Di mana informasi terkait adanya pelayanan ini dapat diketahui melalui beberapa media sosial Formadiksi UM seperti Official Grup WhatsApp Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah UM serta story Instagram Formadiksi UM. Informasi terkait telah dibagikan setiap dua bulan sekali, yakni pada bulan April, Juni, September dan November 2021. Dengan adanya informasi tersebut, mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM dapat menceritakan permasalahannya baik dengan cara mengisi form PLA tahun 2021 melalui link berikut: http://formadiksi.um.ac.id/pusat-layanan-advokasi-dan-kesejahteraan-mahasiswa/ maupun melalui contact person yang telah tersedia di deskripsi Official Grup WhatsApp Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah UM.

Permasalahan yang disampaikan beragam, misalnya dalam bidang akademik terkait hambatan atau kendala yang berkaitan dengan perkuliahan serta di bidang nonakademik dapat berupa permasalahan yang dihadapi ketika ingin mendaftar atau mengajukan KIP Kuliah. Di bidang finansial mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah dapat menyampaikan permasalahan finansial yang berkaitan dengan kebutuhan selama perkuliahan dan nantinya akan dibantu untuk mendapatkan solusi terbaik.

Pada hari Kamis (23/12/2021), Reporter Formadiksi UM News berkesempatan mewawancarai Silva Nabilla, mahasiswa penerima KIP Kuliah angkatan 2021 dari jurusan KSDP Universitas Negeri Malang.

“PLA Formadiksi UM menurut saya adalah pusat layanan advokasi dan kesejahteraan mahasiswa. Jadi PLA ini  merupakan program Forum Mahasiswa Bidikmisi UM yang memberikan pelayanan advokasi dan kesejahteraan mahasiswa,” ungkap Silva.

“Dari program kerja PLA ini saya sudah mendapatkan banyak sekali info-info tentang masalah saya terutama masalah ekonomi yang berhubungan dengan kuliah dan solusinya, info tentang bagaimana cara mendaftar KIP Kuliah bagi mahasiswa baru juga KIP Kuliah susulan, dan membantu saya dalam mendaftar KIP Kuliah karena diberikan arahan oleh pihak Divisi Advokesma, mengetahui hal-hal tentang KIP Kuliah yang sering menjadi pertanyaan, dan apapun tentang KIP Kuliah yang masih membingungkan saya bisa mendapatkan jawabannya dari program kerja PLA  ini,” ungkap Silva.

Harapan ke depannya PLA dapat selalu menjadi wadah pengaduan permasalahan yang dialami mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM baik di bidang akademik, nonakademik, maupun finansial serta dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan solusi terbaik dan tepat. Diharapkan pula PLA dapat mewujudkan inovasi-inovasi baru serta dapat lebih tanggap dan responsif ke depannya.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda Semangat Berprestasi!

Reporter          : Afifa Masfufa

Editor              : Afifa Masfufa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *