Tekuni Sejak MA: Hafif Raih Juara 1 Esai Tingkat Nasional

Formadiksi UM News – Delegasi Universitas Negeri Malang (UM) dalam Lomba Esai Nasional yang digelar oleh Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau pada Kamis-Sabtu, 14-16 Februari 2019, berhasil meraih juara pertama. Reporter Formadiksi UM News berkesempatan melakukan wawancara kepada Muhammad Hafif Afanililah dari S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Mahasiswa Bidikmisi angkatan 2016 yang telah berhasil merebut Juara 1 Lomba Esai Nasional 2019 pada Sabtu (16/2/2019). Dalam kesempatan wawancara tersebut, reporter berhasil mengupas rahasia Muhammad Hafif Afanililah sebagai Mahasiswa Bidikmisi yang terus berprestasi dalam bidang kepenulisan.

Apa saja rahasianya untuk berprestasi? Berikut hasil wawancara Reporter Formadiksi UM News dengan Muhammad Hafif Afanililah, peraih Juara 1 Lomba Esai Nasional 2019.

Orang di sekitar Hafif adalah motivasinya untuk berprestasi.

Secara umum semua orang yang ada di sekitar saya, khususnya kedua orang tua.

 

Hafif menekuni bidang kepenulisan sejak di bangku menengah atas.

Sejak MAN, kalau masa MAN ada guru pembina. Dulu sempat jadi ketua KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) waktu MAN. Kalau sejak menjadi mahasiswa, lingkungan juga mendukung. Dosen dan lembaga kepenulisan yang saya ikuti di FE.

 

Berbagai prestasi telah Hanif raih, khususnya dalam bidang kepenulisan.

Saat di MAN, Juara LKTIN NSPC FS2T UM Malang 2015, Juara 1 LKTI IAIN Kediri 2014, Juara 1 Kompetisi Sains Madrasah Kab. Kediri, Juara 2 Puisi Aksioma Kab. Kediri, Semifinal Olimpiade Ekonomi Ecolly Unesa.

Saat menjadi mahasiswa, Juara 1 Esai Nasional Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, Juara 1 Esai Provinsi di Universitas Trunojoyo Madura, Finalis Esai UKM TQ UNNES Semarang, Finalis LKTIN Pascasarjana IAIN Kediri, Juara 3 LKTIN Sharia Fair,  dan yang terbaru Juara 1 Lomba Esai Nasional UIN SUSKA Riau 2019.

 

Hafif menggunakan skala prioritas untuk menyeimbangkan akademik dan prestasinya.

Skala prioritas saja. Saya juga kerja di Bimbel (Bimbingan Belajar), jadi takmir masjid, dan memasyarakat. Hihihi, juga suka bola.

 

Hafif memberikan semangat agar Mahasiswa Bidikmisi UM dapat membanggakan UM.

Semangat untuk rekan rekan BM UM (Bidikmisi Universitas Negeri Malang). Berikan apa yang bisa kita berikan. Usahakan apa yang bisa diusahakan. Kita buat UM bangga! Barakallah.

 

Nah, itu tadi hasil wawancara dengan peraih Juara 1 Lomba Esai Nasional 2019 yang berhasil dirangkum oleh Reporter Formadiksi UM News. Semoga lebih banyak Mahasiswa Bidikmisi yang dapat menorehkan prestasinya untuk Universitas Negeri Malang. Bidikmisi, Berprestasi Tiada Henti.

 

Penulis : Nadya Erawati dan Nanda Ayu Luthfi Khofifah

Editor  : Andy Ihsan Putra

2 thoughts on “Tekuni Sejak MA: Hafif Raih Juara 1 Esai Tingkat Nasional”

  1. Assalamualaikum wr wb segala puji bagi Allah kepada Muhammad Hafif afanillah sebagai Mahasiswa Bidikmisi yang terus berprestasi dalam bidang kepenulisan,semangat terus untuk Muhammad Hafif afanillah untuk meraih cita cita yang di inginkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *