Simak Pesan Berprestasi Mahasiswa Bidikmisi UM Peraih Medali AISEF 2020!

MALANG, Formadiksi UM News – Kembali mengharumkan nama almamaternya, mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) berlaga dan memperoleh silver medal dan bronze medal dalam Lomba ASEAN Innovation Science and Entrepreneur Fair (AISEF). Lomba ini diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi Jawa Timur dan Kampus Indonesia International Institute for Life Sciences. AISEF dilaksanakan pada Jumat – Minggu (14 – 16/2/2020) di Bubutan Golden (BG) Junction Mall Surabaya.

Menurut keterangan dari salah satu mahasiswa penerima Bidikmisi UM peraih medali di ajang ini, yakni Siti Khoirunnisa asal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Jurusan Kimia angkatan 2017, “Lomba AISEF diadakan guna mencari bibit-bibit generasi milenial berjiwa saintis dan entrepreneurship yang mampu memberikan solusi aktif dan efektif dalam menanggulangi problem Indonesia tahun 2030.”  

Pada Senin (24/2/2020), Reporter Formadiksi UM News telah mewawancari dua mahasiwa penerima Bidikmisi UM, yakni Siti Khoirunnisa dan Amirul Mei Wulandari selaku perwakilan masing-masing tim yang secara berurutan timnya memperoleh silver medal dan bronze medal pada Final AISEF 2020.

Adapun anggota tim penyabet silver medal pada AISEF 2020 ini, di antaranya:

  • Nur Indah Agustina, Mahasiswa FMIPA UM, Jurusan Kimia angkatan 2016 (Ketua).
  • Miko Dwi Abadi, Mahasiswa FEB UM, Jurusan Manajemen angkatan 2017 (Anggota).
  • M. Wildan Saputra, Mahasiswa FEB UM, Jurusan Manajemen angkatan 2017 (Anggota).
  • Siti Khoirunnisa, mahasiswa penerima Bidikmisi FMIPA UM, Jurusan Kimia angkatan 2017 (Anggota).

“Tim kita ikut di bidang entrepreneurship, membawa Custom Lettering, Editing Face Art sama Polaroid,” jelas Khoirunnisa.

Siti Khoirunnisa juga membagikan kiat sukses dalam meraih prestasi, khususnya pada AISEF  2020 yang telah ia ikuti bersama timnya.

“Kunci yang pertama adalah bersungguh-sungguh. Penuhi semua kriteria penilaian judges (juri), kuasai materi presentasi sampai lancar, kalau bisa penuhi semua target dan bahkan lebih. Cari keunikan dari yang lain. (Dan) berdoa, yakin semua pasti bisa dan dimudahkan,” jelas Khoirunnisa.

Selain itu, anggota tim penyabet bronze medal pada AISEF 2020 ini di antaranya:

  • Achmad Miftachul ‘Ilmi, Mahasiswa FIP UM, Jurusan Bimbingan dan Konseling angkatan 2017 (Ketua).
  • Anifa Zuhra, Mahasiswa FEB UM, Jurusan Manajemen angkatan 2017 (Anggota).
  • Nur Wagis Mulyawati, mahasiswa penerima Bidikmisi FIP UM, Jurusan Pendidikan Luar Biasa angkatan 2018 (Anggota).
  • Firda Nur Fitri, mahasiswa penerima Bidikmisi FT UM, Jurusan Teknik Mesin angkatan 2018 (Anggota).
  • Amirul Mei Wulandari, mahasiswa penerima Bidikmisi FEB UM, Jurusan Manajemen angkatan 2017 (Anggota).

“The Reta (produk yang dilombakan) merupakan kepanjangan dari Remarkable Tale, hal tersebut berkenaan dengan produk yang ditawarkan sebagai penyedia buku dongeng dengan metode read aloud dan custom design,” jelas Amirul.

“Kunci untuk mencapai kesuksesan dalam tim yakni dengan cara tetap kompak dan selalu bekerja keras,” tambahnya.

Tak ada gading yang tak retak, ada hambatan yang dialami Khoirunnisa dan Amirul beserta tim selama proses menggapai kesuksesan, namun tidak menyurutkan semangat mereka.

“Kami beranggotakan dari berbagai fakultas di antaranya FT, FE, dan FIP sehingga mengalami kesulitan mengatur waktu untuk membahas business plan-nya ini,” ungkap Amirul.

“Hambatan secara internal insya Allah tidak ada tapi secara finansial alhamdulillah hambatan kemarin sudah diselesaikan bersama-sama,” tambah Khoirunnisa.

Di akhir wawancara, Khoirunnisa dan Amirul menyampaikan pesannya untuk mahasiswa penerima Bidikmisi UM agar terus berprestasi.

“Semua orang hebat dengan cara mereka. Semua orang istimewa dengan kemampuan masing-masing. Jangan paksa pada jalan yang ditempuh orang lain. Capailah apa yang bisa dilakukan dan percayalah pada kemampuan diri sendiri bahwa kita bisa lebih dari apa yang bisa dibayangkan,” pesan Khoirunnisa.

“Ikuti saja berbagai macam lomba yang bisa menunjang keaktifan dan kreativitas karena manfaatnya banyak sekali, bertambahnya teman dari luar universitas dan mengenal berbagai inovasi-inovasi baru,” tutup Amirul.

 

Reporter          : Indra Setiawan

Editor              : Chantika Putri Ana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *