Studi Banding ke BSC UNNES : Tidak Hanya Sekedar Ceremonial Satu Hari Tapi Berkelanjutan

Semarang – Sabtu (15/9) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) kali ini berkesempatan berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah, lebih tepatnya Kota Semarang untuk melakukan kunjungan kerja atau Studi Banding ke Bidikmisi Scholarship Community Universitas Negeri Semarang (BSC UNNES). Sembilan jam perjalanan tidak terasa melelahkan karena sambutan yang begitu ramah dari pengurus BSC UNNES. Perasaan senang dirasakan karena mendapatkan kunjungan dari Formadiksi UM sebagai ajang silaturahmi dan saling bertukar ilmu baru seperti yang dipaparkan oleh Ketua BSC UNNES, A. Mudzakir Nurhuda,
“Alhamdulillah sekali ya, rasanya senang bisa berkesempatan bertemu dengan kalian (Formadiksi UM). Ini suatu ajang silaturahmi bagi kami BSC UNNES soalnya kami juga pada umumnya selama ini banyak tawaran buat dikunjungi forum mahasiswa Bidikmisi namun terkendala banyaknya kegiatan sehingga memang sulit mencari waktunya tapi alhamdulillah dengan Formadiksi UM kami bisa mnyempatkan waktu. Banyak ilmu yang kami dapatkan dan harapannya besar kalian (Formadiksi UM) datang kesini juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat juga buat ke depan Formadiksi UM.”
Perasaan senada diungkapkan pula oleh Anita Ratnawati, staf Bidang PSDM BSC UNNES,
“Menurut saya ini merupakan Studi Banding yang sangat bagus karena bisa mengetahui program kerja yang ada di Formadiksi UM. Begitu juga dengan Formadiksi UM bisa mengetahui program kerja yang ada di BSC UNNES. Selain itu, pasti ditemukan kendala sehingga bisa sharing dan berbagi solusi masing-masing,” ujarnya.
Formadiksi UM memilih BSC UNNES sebagai destinasi atau tujuan untuk Studi Banding bukan tanpa alasan. BSC UNNES telah berhasil menjalankan program kerjanya sehingga patut dikunjungi guna untuk berbagi ilmu keberhasilannya ini. Program kerja Simpanan Bidikmisi, Essay Tingkat Nasional, Kredit Laptop, Tracer Study Alumni Bidikmisi hingga mengundang Ibu Khofifah Indar Parawansa sebagai pemateri berhasil dilakukan oleh BSC UNNES. Hal tersebut diungkapkan oleh Ade Setyawan Pratama selaku Ketua Formadiksi UM di awal sambutannya,
“BSC UNNES menjadi tujuan pertama dan tentu itu bukan tanpa alasan. Karena keberhasilan (program kerjaa) Simpanan Bidikmisi, National Essay Competition, Kredit Laptop hingga Tracer Study Alumni Bidikmisi merupakan bagian dari alasan Formadiksi UM datang ke BSC UNNES. Selanjutnya adalah ketika BSC UNNES (berhasil) mendatangkan kuliah umum Ibu Khofifah di tahun 2016.”
Studi Banding yang dilakukan Formadiksi UM pada kepengurusan tahun ini mendapatkan apresiasi positif baik dari pihak Kemahasiswaan UM maupun pengurus BSC UNNES. Beberapa pihak Kemahasiswaan UM yang ikut serta dalam Studi Banding kali ini berharap agar program kerja Formadiksi UM yakni Studi Banding ini bisa dilakukan terus-menerus.
“(Studi Banding) sangat positif menurut saya jadi kita bisa berbagi pengalaman tentang pengelolaan organisasi dan manajemen organisasinya seperti apa dan nanti bisa diteruskan buat adik-adik penerus Formadiksi UM sebagai pengalaman yang beragam. Semoga ke depannya Formadiksi UM khususnya semakin berkembang dan semakin bagus semuanya,” tutur Bapak Nur Kholis selaku Staf Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa Universitas Negeri Malang.
Apresiasi atas kekompakan pengurus Formadiksi UM dan kinerja Ketua Formadiksi yang baik hingga harapan agar kelak bisa berkunjung ke Universitas Negeri Malang untuk melakukan Studi Banding yang serupa turut diungkapkan oleh Mudzakir,
“Kesannya luar biasa kalian (Formadiksi UM) sungguh sangat kompak, saya juga apresiasi ke Mas Ade (Ketua Formadiksi UM) bisa merangkul seluruh anggotanya. Tetap jalin silaturahmi dan tunggu kami (BSC UNNES) datang ke sana. Saya berharap tetap solid buat kalian (Formadiksi UM) dan berharap apa yang saya sampaikan tadi waktu diskusi bisa kalian (Formadiksi UM) petik hikmahnya, poin-poin positifnya untuk bisa kalian gunakan di proker (program kerja) berikutnya,” ungkapnya.
Keberhasilan Studi Banding antara Formadiksi UM dan BSC UNNES memberikan banyak manfaat positif untuk kedua belah pihak. Ajang sharing program kerja dan silaturahmi berharap bisa terus dilakukan. Hal tersebut sesuai dalam nota kesepahaman yang telah disepakati kedua belah pihak.
“Harapannya sharing ini terus berkelanjutan sesuai dengan nota kesepahaman yang kita lakukan jadi nanti akan ada grup pengurus Formadiksi UM dengan pengurus BSC UNNES sehingga tidak hanya sekedar ceremonial satu hari tapi berkelanjutan,” tutur Ade Setyawan.
Harapan yang serupa diungkapkan oleh Bapak Nur Kholis,
“Senang sekali (mengikuti Studi Banding) karena bisa menjalin kerja sama silaturahmi sama UNS sama UNNES khususnya sama teman-teman Formadiksi UM. Pesan buat teman-teman (Formadiksi UM) koordinasinya lebih bagus lagi sesama intra Formadiksi UM dan sesama Kemahasiswaan UM jadi apa-apa yang terkait dengan Bidikmisi atau secara khususnya jadi bisa direncanakan dan dilaksanakan dengan baik.” (Asmaul Kusna dan Khusnul Khotimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *