PLA 2023: Peranti Informasi & Solusi Mahasiswa Penerima Bidikmisi Dan KIP Kuliah

Formadiksi UM News – Pusat Layanan Advokesma (PLA) merupakan program kerja yang dinaungi oleh Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) dimana memiliki tujuan yaitu menjadi sarana untuk menampung aspirasi, kritik, dan saran mahasiswa penerima Bidikmisi dan/atau KIP Kuliah UM. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan Formadiksi UM yang berintelektual, inovatif, kontributif, dan mengukur kinerja serta pelayanan Formadiksi UM. Selain itu, PLA juga membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh mahasiswa penerima Bidikmisi dan/atau KIP Kuliah UM dalam bidang akademik, non akademik, dan/atau finansial. PLA tahun 2023 ini telah dijalankan selama hampir satu periode kepengurusan Formadiksi UM sejak bulan April 2023 dengan mengusung tema “Optimalisasi Peran Formadiksi UM dalam Menampung Aspirasi, Menyalurkan Informasi, dan Memberikan Solusi Kepada Mahasiswa Penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah Universitas Negeri Malang.”

Selama ini, telah banyak manfaat dari adanya PLA yang dirasakan oleh mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Adelia Ritnawangsih dan Eva Wahyuningtyas sebagai salah satu mahasiswa penerima KIP Kuliah UM angkatan 2021 dan 2022 dalam sesi wawancara bersama Reporter Formadiksi UM News pada Kamis (28/12/2023).

“Manfaat yang saya rasakan dengan adanya PLA itu, saya bisa mendapatkan informasi lebih cepat dan pelayanan ramah yang membuat saya suka terhadapnya. Saya juga bisa mendapatkan solusi atas permasalahan saya terkait KIP Kuliah. Kemudian saya juga menyukai pelayanan yang cepat dalam PLA ini,” ungkap Adelia.

Selanjutnya, Eva juga menuturkan bahwa PLA tahun 2023 ini membawa berbagai manfaat bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah seperti membantu menjawab terkait masalah administrasi dan alur penyaluran dana terhadap mahasiswa penerima KIP Kuliah serta memiliki program kerja yang melakukan bimbingan berkala dalam membantu mahasiswa penerima KIP Kuliah mendapatkan informasi ter-update sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam berbagai hal.

Untuk meningkatkan kinerja PLA yang lebih baik, tahun ini PLA dilaksanakan dengan inovasi baru seperti yang dijelaskan oleh Dwi Ayu Shofiana selaku Koordinator Divisi Advokesma tahun 2023. 

“PLA tahun 2023 memberikan inovasi baru yakni mengadakan penggunggahan informasi pembaharuan Frequently Asked Question (FAQ) yang mana FAQ tersebut diunggah di Website Formadiksi UM kemudian kami share informasi tersebut melalui media sosial Formadiksi UM dan Grup WhatsApp Official KIP Kuliah UM masing-masing fakultas. Selain itu juga, kami memiliki inovasi pembentukan tim kerja PLA yang mana berfungsi untuk menyelesaikan tupoksi-tupoksi PLA yang dinilai sangat kompleks pada tahun ini,” jelas Shofi.

Dalam pelaksanaannya, PLA selalu memiliki target sasaran yang telah dirancang dan disasarkan. Begitu pula dengan pelaksanaan PLA tahun 2023 yang memiliki sasaran berbeda dari tahun sebelumnya. Terdapat 2 sasaran pada PLA tahun ini yakni pada periode awal kepengurusan masih mencantumkan mahasiswa Bidikmisi angkatan 2019 lalu dalam periode awal hingga akhir kepengurusan PLA menyasar pada mahasiswa penerima KIP Kuliah UM angkatan 2020 hingga 2023.

PLA telah dilaksanakan dari tahun ke tahun pastinya selalu banyak harapan yang ingin dicapai pada tiap periodenya demi meningkatkan kinerja PLA yang lebih baik. “Harapan saya untuk PLA tahun depan bisa dikembangkan kembali menjadi pusat pengaduan segala permasalahan dan pertanyaan mahasiswa KIP Kuliah dengan responsif, inovatif, dan aspiratif,” tutup Shofi. 

Selain Koordinator Divisi, Adelia dan Eva juga menuturkan harapannya untuk PLA ke depannya. Adelia berpesan agar PLA tetap mempertahankan pelayanan yang ramah dan mudah dimengerti serta responsif. “Harapannya PLA lebih meningkatkan kualitas dan jangkauan layanan advokasi bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah serta melakukan dukungan berkelanjutan dalam bentuk pembinaan, evaluasi, dan pendampingan bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah,“ tutup Eva.

Pemaparan mengenai PLA dalam warta ini dapat dijadikan sebagai gambaran bagi para mahasiswa penerima KIP Kuliah UM atau pembaca. Selanjutnya dapatkan Informasi terkait PLA mahasiswa penerima KIP Kuliah melalui media sosial Formadiksi UM dan informasi yang disebarkan di Grup WhatsApp Official KIP Kuliah UM. Mahasiswa KIP Kuliah UM dapat menyampaikan permasalahan, pertanyaan, maupun aspirasi melalaui narahubung yang telah disediakan maupun mengisi pranala berikut http://formadiksi.um.ac.id/pusat-layanan-advokesma-2023/ 

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda Semangat Berprestasi!

Formadiksi UM! Sukses!  

 

Reporter      : Septia Asmawati

Editor          : Septia Asmawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *