Pusat Layanan Advokesma 2022 Sukses Membantu Permasalahan Mahasiswa

Formadiksi UM News – Pusat Layanan Advokesma (PLA) merupakan salah satu program kerja dari Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM). Sama seperti kepengurusan sebelum-sebelumnya, PLA memiliki tujuan utama untuk memfasilitasi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah dalam menyampaikan masalah yang sedang dialami. Tidak hanya itu, PLA juga mewadahi seluruh pertanyaan dari mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah baik yang berhubungan dengan hal akademik, nonakademik, maupun finansial. Pada tahun 2022 terdapat inovasi dari program kerja PLA, yakni menambah layanan untuk menampung aspirasi, kritik, dan saran. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan Formadiksi UM yang berintelektual, inovatif, dan kontributif, serta mengukur kinerja dan pelayanan Formadiksi UM. PLA tahun 2022 telah diadakan selama hampir satu periode kepengurusan Formadiksi UM sejak tanggal 16 April 2022 dengan tema “Wujudkan Kontribusi Formadiksi UM dalam Menyerap Aspirasi, Menyalurkan Informasi, dan Menyampaikan Solusi Bagi Mahasiswa Penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah Universitas Negeri Malang”.

Tujuan dan manfaat PLA telah dirasakan oleh mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM. Hal tersebut diungkapkan oleh Citra Suci, salah satu mahasiswa penerima KIP Kuliah angkatan 2020 dalam sesi wawancara bersama Reporter Formadiksi UM News pada Rabu, 14 Desember 2022. 

“Yang saya ketahui tentang Pusat Layanan Advokesma adalah sebuah wadah bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah untuk menyampaikan masalah-masalah yang sedang dialami selama masa perkuliahan. Permasalahan tersebut dapat berupa masalah internal di lingkungan Universitas Negeri Malang yang dirasa mengganggu atau menghambat proses perkuliahan. Manfaat yang saya dapatkan dari PLA ini adalah saya menjadi lebih tahu kepada siapa saya bisa menyampaikan masalah studi, terbantu dengan solusi yang ditawarkan oleh pengurus, dan yang pasti beban saya terasa lebih ringan,” ungkap Citra. 

Pada tahun ini, Pusat Layanan Advokesma dilaksanakan dengan inovasi yang berbeda seperti yang dijelaskan oleh Dwi Ayu Shofiana selaku Penanggung Jawab Program Kerja Pusat Layanan Advokesma (PLA) tahun 2022. 

“Alhamdulillah pelaksanaan PLA tahun 2022 berjalan lancar. Terdapat pembeda dari tahun sebelumnya, yakni dalam hal penyampaian aspirasi untuk mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah. Kemudian, terdapat video promosi yang diunggah melalui TikTok dan Instagram Formadiksi UM. Alhamdulillah juga antusias mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah juga tinggi meskipun terdapat beberapa mahasiswa yang masih belum mengetahui adanya PLA. Namun pertanyaan dan permasalahan yang masuk dari mahasiswa dapat dijawab dan diselesaikan dengan solusi yang tepat. Sebagian besar permasalahan dapat diselesaikan dengan tuntas dan selalu memberikan pelayanan fast respon sehingga mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah juga memberikan tanggapan yang baik dari adanya program kerja ini,” jelas Shofia.

“Inovasi yang dicapai pada tahun ini, yakni dari adanya pertanyaan mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah yang masuk, terdapat pertanyaan umum yang disajikan dalam bentuk poster infografis yang telah diunggah sebanyak 3 kali dalam satu periode kepengurusan Formadiksi UM. Kemudian juga telah terunggah video promosi melalui Instagram, TikTok, dan Line. Selain itu pelayanan PLA melalui form juga lebih cepat ditanggapi dengan adanya inovasi mengaktifkan notifikasi email apabila terdapat pertanyaan atau aspirasi yang masuk,” tambah Shofia.

Pada Kamis (15/12/2022), Reporter Formadiksi UM News berkesempatan mewawancarai Bendahara Formadiksi UM tahun 2022, yakni Dima Syafa’a Nabila, sebagai perwakilan Pengurus Inti Formadiksi UM tahun 2022 untuk mengulas terkait manfaat adanya program kerja PLA terhadap Formadiksi UM. 

“PLA sebagai pusat layanan menjadi garda depan dalam menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM dan sebagai wadah aspirasi untuk Formadiksi UM. Melalui PLA juga dapat memberikan citra baik Formadiksi UM dalam hal mengatasi solusi yang sedang dihadapi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM,” tutur Dima.

Pusat Layanan Advokesma (PLA) telah dilaksanakan dari tahun ke tahun sehingga harapan ke depannya dapat menjadi lebih baik lagi. “Semoga PLA dapat senantiasa memberikan solusi terbaik bagi mahasiswa penerima Bidikimisi dan KIP Kuliah UM sehingga membawa citra baik terhadap Formadiksi UM,” ungkap Dima. 

Hal terkait juga disampaikan oleh Citra, “Harapan saya, semoga Pusat Layanan Advokesma terus bersabar melayani aduan mahasiswa tentang masalah yang dihadapinya,” tutur Citra.

Informasi terkait PLA dapat ditemukan di media sosial Formadiksi UM dan juga melalui informasi yang disebarkan di Official Grup WhatsApp Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah UM. Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah UM dapat menyampaikan permasalahan, pertanyaan, maupun aspirasi melalui contact person yang telah disediakan maupun mengisi link: http://formadiksi.um.ac.id/pusat-layanan-advokesma-2022/.

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda Semangat Berprestasi!

 

Reporter    : Afifa Masfufa

Editor        : Afifa Masfufa  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *